Peningkatan Kualitas Produk UKM Yanti Melalui Teknologi Mesin Press Elektrik Pada Pengemasan Produk Udang Bileh Crispy Di Desa Tumpok Teungoh Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Yassir Yassir, Fahmi Fahmi, Nelly Safitri, Naziruddin Naziruddin, Raisah Hayati

Sari


UKM Yanti adalah salah satu UKM binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe  dan menjadi mitra PKM yang memproduksi udang dan bileh crispy. UKM ini terletak di Tempok Teungoh Kota Lhokseumawe. Bermula dari banyaknya ketersediaan bahan baku udang dan bileh di kota ini sehingga memunculkan ide untuk mengolah dan memproduksi bahan baku ini menjadi produk kemasan yang bernilai ekonomi. Produksi ini mulai dirintis sejak tahun 2019 dengan jumlah produksi 5 kg/bulannya.  Karena persaingan perdagangan di pasar yang begitu kuat sehingga UKM ini harus meningkatkan kualitas produk dan manajemen pemasarannya. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah mengenai kualitas produk, antar lain : pertama, kemasan menggunakan plastik klip transparan, sehingga kemasan tidak kedap udara menyebabkan produk mudah masuk angin dan terkontaminasi. Kedua, produk kurang dikenal oleh masyarakat. Dari dua permasalahan yang dihadapi mitra, sehingga solusi yang ditawarkan adalah:pertama, memberikan dan mengajarkan teknologi mesin press elektrik. Kedua, memberikan pelatihan penjualan online dan memberikan kemasan plastik foil standing pouch premium. Metode yang digunakan untuk meberikan solusi adalah metode sosialisasi(diskusi), metode Ceramah, metode Praktek, metode aplikasi, dan metode Keberlanjutan. Semua metode ini akan diwujudkan dalam rencana kegiatan diantaranya : Kesatu, pra penerapan iptek yang terdiri dari survei lapangan dan berdiskusi tentang masalah mitra. Tim ini dibantu 5 orang mahasiswa. Kedua, evaluasi awal. Ketiga, metode penerapan iptek melalui  persuasif yaitu melakukan evaluasi awal dan melakukan pelatihan penggunaan mesin press elektrik serta mengajarkan perawatan alat. Keempat, melatih menggunakan penjualan online melalui whatapps bisnis, facebook dan Instagram. Kelima, melakukan evaluasi akhir. Keenam, menyerahkan satu buah  mesin press elektrik dan 200 buah kemasan kepada mitra. Ketujuh, metode Keberlanjutan program melalui pemantauan jumlah peningkatan produksi selama 6 bulan dari pelaksanaan kegiatan ini. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah 1 buah mesin press elektrik, 200 kemasan standing pouch foil, dan 1 buah artikel . Hasil yang dicapai setelah kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan praktek anggota sebesar 35,94% dan peningkatan produksi udang bileh crispy naik sebesar 25%.


Kata Kunci


Mesin Press Elektrik, Kemasan Premium, Produk Udang dan Bileh Crispy, UKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mukhlis, “Industri perikanan masih minim di kota Lhokseumawe,” Antara Aceh, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 1, Jul. 14, 2017.

Mukhlis, “Ikan teri dominan hasil tangkapan nelayan Lhokseumawe,” Antara Aceh, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 5, Mar. 2019.

Mukhlis, “Hasil tangkapan ikan nelayan Lhokseumawe capai 20 ton/hari,” Antara News, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 4, May 2019.

C.Meranti Keumala, “Prospek Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vannamei Di Desa Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe,” J. Mhs. Pertan. Unsyiah, vol. 1, pp. 560–570, 2016.

M. Afan Arif Rahman and A. Mahendra Sakti, “Rancang Bangun Mesin Cup Sealer Semi Otomatis,” Aug. 2014. Accessed: Mar. 15, 2021.[Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa mesin/article/view/8911.

P. W. A. Sugeng Wasisto , Ign. Luddy Indra Purnama, “Perancangan Mesin Press Elektrik Untuk Aneka Makanan Ringan,” pp. 16–21, 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.