Pelatihan Peningkatan Skill Bidang Telemetri Berbasis IoT (Internet of Things) bagi Alumni Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe

Syamsul Syamsul, Suherman Suherman, Fakhrur Razi, Arief Mardiyanto

Sari


Alumni Program Studi Teknologi Telekomunikasi dan Program Studi Teknologi Jaringan Telekomunika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokeumawe dipersiapkan untuk mengabdikan ilmu dan keterampilan pada dunia kerja. Kompetensi yang dimiliki akan sangat membantu alumni tersebut dalam mendapatkan pekerjaan. Kompetensi yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan perlu ditambahkan dengan keterampilan khusus yang belum didapatkan saat perkuliahaan. Keterampilan khusus ini dapat ditambahkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan. Salah satu kompetensi dalam bentuk keterampilan (skill) khusus yang saat ini sangan dibutuhkan adalah IoT (internet of things). Pada pelatihan ini IoT yang dipilih sebagai bentuk peningkatan keterampilan alumni adalah IoT untuk system telemetri. Tujuan kegiatan ini menambahkan keterampilan IoT khususnya untuk system telemetri sehingga kompetensi alumni menjadi meningkat. Manfaat kegiatan ini adalah mempercepat alumni mendapatkan keterampilan sehinggan dapat mempercepat alumni tersebut mendapatkan pekerjaa. Metode yang diterapkan pada pelatihan ini adalah tutorial berupa teori, desain sistem IoT menggunakan program aplikasi seperti Proteus dan Perakitan (assembling) sistem IoT telemetri. Setiap kegiatan tutorial, desain dan perakitan masing-masing dialokasikan waktu pertemuan yaitu: 2 pertemuan ,4 pertemuan, dan 6 pertemuan. Jumlah peserta dibatasi sebanyak 6 alumni, agar jalannya pelatihan lebih optimal. Untuk mengukur keberhasilan peserta pelatihan dilakukan evaluasi pada setiap kegiatan. Keterampilan peserta meningkat dan baik jika hasil pengujian mencapai 80.


Kata Kunci


Alumni, IoT, Keterampilan, Kompetensi, telemetri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kiromim B. 2012. Pelatihan Implementasi Metode Simulasi dan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Proceeding Seminar Nasional Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia. Direktorat Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: 362-377.

Roestiyar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Alegensindo. Bandung.

Raharjo, Ahmad. (2016). Definisi Internet of Thing. https://teknojurnal.com/definis i-internet-of-things.

Syamsul, et al. 2016. Perancangan Modul Praktikum Berbasis Mikrokontroler untuk Meningkatkan Fungsi Laboratorium Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) Jurnal Litek Vol. 14. No. 2.

Wicaksono, F. (2017). Implementasi Modul Wifi Nodemcu ESP8266 untuk Smart Home. Jurnal Teknik Komputer.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.