Determinasi Investasi Di Pasar Modal Syariah Indonesia

Mukhlis Mukhlis, Ahmad Fauzan Abdullah, Muhammad Arifai, M. Yusuf, Nursyidah Nursyidah

Sari


Perkembangan industri asuransi syariah disamping didorong oleh perkembangan sektor perbankan syariah juga didorong oleh perkembangan sektor lembaga keuangan islami non bank, sukuk pemerintah dan swasta serta perkembangan institusi islami lainnya. Asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara para pemegang polis, yang dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan prinsip syariah. Dalam pengelolaan dana investasi, perusahaan asuransi tidak mengelola sendiri dana tersebut seperti halnya perbankan syariah melainkan di investasikan pada instrumen-intrumen pasar modal atau lain sebagainya yang menerapkan prinsip syariah. Investasi merupakan suatu cara mengelola kesejahteraan pada pemodal atas sebuah komitmen pengelolaan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan investasi yang melibatkan beberapa instrumen keuangan syariah yang diperjualbelikan di pasar modal syariah. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang terdokumentasi dari laporan Otoritas Jasa Keuangan yang dipublikasikan dalam Institusi Keuangan Non-Bank Syariah khususnya asuransi syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah sampel berupa data deret watu  bulanan selama periode Pebruari 2015 sampai  dengan Maret 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah secara kuantitatif yang melibatkan teknik investigasi deret waktu multivariate dengan model vector autoregressive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peubah reksadana syariah memberikan konstribusi besar untuk berinvestasi dalam asuransi syariah di pasar modal syariah Indonesia. Pergerakan saham syariah, obligasi syariah dan reksadana syariah menunjukkan bahwa investasi dalam asuransi syariah tidak memiliki hubungan stabilitas atau keseimbangan dan kesamaan pergerakan dalam jangka panjang. Implikasi bagi investor agar memperhatikan kebijakan pemerintah terutama mengenai kebijakan deviden yang diambil dalam rangka untuk dapat mengoptimalkan nilai perusahaan secara konsisten.


Kata Kunci


asuransi syariah, investasi, saham syariah, obligasi syariah, reksadana syariah, vector autoregressive

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrian Sutedi. Pasar Modal Syariah. Sinar Grafika, Jakarta. 2009.

Tandelilin Eduardus. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Risiko. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE. 2001.

Muana Nanga. Makro Ekonomi: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Jakarta: PT Grafindo Persada. 2005.

Jogiyanto. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima, BPFE. Yogyakarta. 2008.

Tandelilin Eduardus. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Risiko. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE. 2001.

Choirunnisak. Saham Syariah: Teori dan Implementasi. JURNAL ISLAMIC BANKING, Vol. 4 No. 2, Februari 2019, STEBIS IGM Palembang. 2019.

Muhammad Basri. Perkembangan Obligasi Syariah. Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu Vol. 3 No. 1, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2017.

Fadiyah Hani Sabila. Performance of Sharia Mutual Funds in Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, Volume 14, No. 1, April, 2018, p. 20-31, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung. 2018.

www.ojk.go.id

Indah Yuliana. Investasi Produk Keuangan Syariah. Malang: UIN-Maliki Press. 2010.

Muhammad Heykal. Tuntunan dan aplikasi Investasi Syariah. Jakarta: Elex Media Computindo. 2012.

Rianda Ajeng Ardiyanti Putri dan Leo Herlambang. Pengaruh Penerbitan Sukuk Ijarah Terhadap Return on Assets, Return on Equity dan Earning Per Share Emiten di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2013. JESTT Vol. 2 No. 6 Juni 2015, FEB Universitas Airlangga. 2015.

Abdul Aziz. Manajemen Investasi Syariah. Bandung: Alfabeta. 2010.

Iggi Achsien. Investasi Syariah di Pasar Modal Menggagas Konsep dan Praktek Manajemen Portofolio Syariah. Cetakan Kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2003.

Walter Enders. Applied Econometric Time Series. Second Edition. John Wiley & Sony Inc. 2004.

Richard Leighton Thomas Modern Econometrics an Introduction. Addison- Wesley Longman. 1997.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.