Analisis Teks, Koteks, dan Konteks: Kajian Pada Baliho, Spanduk, Brosur, dan Surat Edaran Covid-19

Wahdaniah Wahdaniah, Jamilah Jamilah, Ernawati Br. Surbakti, Ilham Jaya, Mustika Amri

Sari


Maraknya pemberitaan dalam media luar ruang seperti dalam surat edaran, spanduk, dan brosur mengenai himbauan dalam upaya pencegahan covid-19 tertarik untuk dianalisis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna teks, kotek, dan konteks pada media luar ruang yang terdapat pada brosur, baliho, spanduk, dan surat edaran Covid-19 di Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, lalu data direduksi, disajikan, dan terakhir ditarik simpulan. Untuk teknik lanjutan sesuai dengan teknik pengumpulan data adalah teknik hubung banding menyamakan (HBS).

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teks pada media luar dalam hal ini yang terdapat pada brosur, baliho dan surat edaran umumnya mengandung koteks. Persentase makna koteks yang didapat yaitu 10% teks pada media luar ruang tidak mengandung koteks dan 90% mengandung koteks. Konteks yang terdapat pada media luar yang dianalisis dalam penelitian ini merujuk pada teori Dell Hymes. Dapat disimpulkan umumnya teks yang terkandung pada media luar ruang memiliki semua unsur konteks.


Kata Kunci


Konteks, Koteks, Analisis, Media Luar Ruang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Dasrun, Media Public Relation. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Sumarsono, Pragmatik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2010.

A. H.P, Linguitik Umum. Jakarta: Erlangga, 2012.

N. Ningtias, M. Rohmadi, and S. Suyitno, “Analisis Konteks dan Implikatur Pada Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro,” BASASTRA, vol. 2, no. 3, 2014.

I. Y. Rahmawati, “Analisis teks dan konteks pada kolom opini ‘Latihan Bersama Al Komodo 2014’ Kompas,” J. Dimens. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 49–57, 2016.

H. Kridalaksana, Kamus Linguistik. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2011.

M. Hermanto, “Wacana Lisan dalam Iklan Djarum 76: Kajian Ancangan Etnografi Komunikasi,” BELAJAR Bhs. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 2, no. 1, 2017.

Sudaryanto, Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2015.

Milles, B Matthew dan Huberman, A Michael, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.