Determinan Struktur Modal Emiten Syariah di Indonesia

Fakriah Fakriah, Kharil Fata, Adinda Ulfa

Sari


Investasi pada pasar modal tidak dapat dipisahkan dengan emiten. Emiten syariah yang bertransaksi di pasar modal harus taat pada kriteria syariah yang telah ditetapkan. Penawaran efek dari Emiten  untuk memperoleh tambahan modal. Posisi keuangan emiten dapat dinilai melalui struktur modalnya. Penelitian ini menganalisis determinan terhadap struktur modal pada emiten syariah di Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui determinan terhadap struktur modal perusahaan (emiten) yang  terdaftar pada kelompok saham syariah di ISSI. Populasi penelitian seluruh emiten syariah yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia yaitu 399 emiten. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 14 emiten. Data yang digunakan data skunder dalam bentuk laporan keuangan dalam periode tahun 2016-2018. Analisis data dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis uji hipotesis menggunakan model regresi linier berganda. Pengujan asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji auto korelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian bahwa Harga Saham, Retained Earning, Firm Size, Return on Asset, Return on Equity (ROE) dan Earning per Share (EPS) secara simultan memberikan determinan terhadap Struktur Modal (DER) pada emiten Indeks Saham Syariah Indonesia. Hasil pengujian parsial terdapat beberapa variabel yang memberikan deteminan dan signifikan yaitu variabel Return on Asset dan Return on Equity. Sementara variabel lainnya tidak memberikan determinan dan tidak signifikan yaitu variabel Harga saham,  Retained Earning, Firm Size dan Earning per Share. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka rekomendasi yang dapat disampaikan bahwa dalam pemilihan emiten saham syariah dengan pertimbangan fundamental dari faktor Return on Asset dan juga Return on Equity.


Kata Kunci


Struktur Modal, DER, Emiten, ISSI, ROA, ROE, EPS.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriano. Tendian dan Nikmah, Hubungan Struktur Modal, Kinerja Perusahaan dan Harga Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Listed di Bursa Efek, Jurnal Akuntansi. Vol 6, 2016.

Aurelia. Levina dan Setijaningsih. Herlin Tundjung, Analisis Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal, Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara. Vol 2, 2020.

Cahya. Bayu Tri et al, Struktur Modal: Ditinjau dari Karakteristik Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index70 (JII70), Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol 7, 2019.

Firaus. Alfani, Herawati. Vinola, Tjin. Andi, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, Vol 2, 2016.

Gujarati. N, Damodar, Dasar-dasar Ekonometrika. Salemba: Jakarta. 2012.

Harahap. Sofyan Syafri, Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persana. Jakarta. 2005.

Ibrahim. Wahyu Maulan, Ari Prasetyo, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Properti yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2015-2017. Jurnal Ekonomi Syariah, Teori dan Terapan. Vol 6, 2019.

Joni dan Lina, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi , Vol 12, 2010.

Kurniasari. Rani, Analisis Retrurn on Assets (ROA) dan Retrurn on Equity (ROE) terhadap rasio permodalan (Capital Adequasy Ratio) Pada PT Bank Sinarmas Tbk. Jurnal Moneter, Vol 2, 2017.

Najmuddin dan M. Arifin Mukti, Determinan Struktur Modal dan Struktur Hutang pada Perusahaan Anggota Jakarta Islamic Indeks di BEI. Jurnal Performance, Vol 19, 2014.

(2019) https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/

Nasrah. Hidayati, Nela Resni, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Bank Syariah Indonesia Tahun 2014-2018. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking & Finance, Vol 3, 2020.

Pertiwi. Ni Ketut Novianti Indah, dan Darmayanti. Ni Putu Ayu, Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Sturktur Aktiva dan Kebijakan Deviden Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di BEI, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 7, 2018.

Rachmawati. Yuni, Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di LQ45 Bursa Efek Indonesia, Jurnal Media Akuntansi, Vol 1, 2018.

Sari, Yuliana. Evada Dewata, Determinan Struktur Modal Perusahaan Yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Indeks, Jurnal Akuntanika, Vol 1, 2016.

Shabira. Rafa, Egi Arvian Firmansyah, Struktur Modal Emiten Syariah di Bursa Efek Indonesia, el-Barka: Journal of Islamic Economics & Business, Vol 3, 2020.

Syamsuddin. Lukman, Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, dan Pengawasan, dam Pengambilan Keputusan. Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2016.

Wibowo. Erick Satryo, Topowijono, Sri Sulasmiyati, Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Harga Saam Perusahaan (Studi pada Perusahaan Tekstil dan Garment yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2014), Jurnal Administrasi Bisnis(JAB) , Vol. 44, 2017.

Yuliana. Lyna, Yuyetta. Etna Nur Afri, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Leverage Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015), Diponegoro Juornal of Accounting, Vol. 6, 2017.

Yunianti. Devi, dan Hendaryan. Dudi, Pengaruh Return on Equity dan Earning Per Share terhadap Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang listing di BEI tahun 2010-2015), Jurnal Manajemen dan Bisnis (Almana), Vol. 1, 2017.

Yushinta. Putria, Erni Suryandari, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia), Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 11, 2010.

(2021) Mengenal Saham Syariah Indonesia. Website. (online) https://investorsyariah.id/saham-syariah/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.