Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus : Jalan Nasional Banda Aceh-Medan Kawasan Blang Panyang Kota Lhokseumawe)

Yuhanis Yunus, Syarwan Syarwan, Mulizar Mulizar, Muhammad Reza

Sari


Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat untuk melayani pergerakan manusia dan atau barang dari suatu tempat ketempat lain secara aman, nyaman, dan ekonomis. Secara umum jalan dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas kegiatan sosial ekonomi dalam masyarakat. Kepadatan arus lalu lintas yang semakin bertambah, mengakibatkan kondisi jalan menjadi kurang baik, mengakibatkan adanya kerusakan pada permukaan jalan. Jalan Banda Aceh-Medan merupakan jalan nasional yang menghubungkan antar Banda Aceh menuju Medan (Sumatera Utara). Jalan ini merupakan jalan yang memiliki volume lalu lintas tinggi dan sering dilalui oleh kendaraan berat sehingga terdapat kerusakan di beberapa lokasi pada ruas jalan tersebut. Oleh karena itu, diadakan kajian yang lebih dalam terhadap ruas jalan Banda Aceh-Medan Kawasan Blang Panyang, Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, faktor penyebabnya serta solusi untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada jalan Banda Aceh-Medan Kawasan Blang Panyang, Kota Lhokseumawe. Metode yang digunakan adalah metode PCI (Pavement Condition Index) untuk mendapatkan tingkat kerusakan agar diketahui cara penanganannya. Hasil survey menunjukkan bahwa kondisi jalan masih dalam kondisi sangat baik, terdapat beberapa kerusakan pada ruas jalan tersebut yaitu retak buaya, lubang dan perkerasan yang terkelupas. Faktor-faktor penyebab kerusakan adalah peningkatan beban volume lalu lintas, iklim, dan kondisi tanah yang tidak stabil. Tindakan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu tindakan perbaikan per segmen. Jenis penanganan yang diperlukan adalah dengan cara pemeliharaan rutin yang dilakukan setiap tahun maupun pemeliharaan berkala. Diperlukan penambahan sarana infrastruktur jalan dan perencanaan lapis perkerasan yang baik serta pemeliharaan jalan yang terus menerus agar kondisi jalan tetap aman dan nyaman untuk memberikan pelayanan terhadap lalu lintas kendaraan.


Kata Kunci


Kerusakan permukaan jalan, Faktor Kerusakan Jalan, Jenis Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI), Penanganan Kerusakan Jalan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ida. H, “Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Ditinjau dari Daya Dukung Tanah dan Volume Lalu Lintas (Studi Kasus : Ruas Jalan Metro – Tanjung Kari di Kecamatan Sekampung Lampung Timur STA 10+600 s/d 11+600)”, Jurnal TAPAK, Vol.7, pp. 64-69, November 2017.

Hardiyatmo H. C, Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Pertama., Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada, 2007.

AUSTROADS, A Guide to the Visual Assesment of Pavement Condition, Australia, 1987.

Shahin, M.Y, Pavement Management for Airport, Road, and Parking Lots, New York : Chapman & Hall, 1994.

Hardiyatmo, H.C, “Alternatif Solusi Pembangunan Perkerasan Jalan pada Subgrade Berdaya Dukung Rendah”, Prosiding Seminar Nasional Geoteknik, 2016, pp. 1-12.

Nurella, A.M, “Kajian Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan Jalan Lentur dan Pengaruhnya terhadap Biaya Penanganan”, Jurnal Infrastruktur, Vol.3, pp. 9-18, Juni 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.