Pentingnya Penggunaan Sistem Informasi Laboratorium untuk Meningkatkan Pengelolaan dan Pelayanan Laboratorium di Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe

Abdul Aziz, Rahma Santi, Mardani Mardani

Sari


Laboratorium merupakan fasilitas yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) khususnya di Jurusan Teknik Kimia (JTK). Oleh sebab itu, pengelolaan dan pelayanan yang ada disetiap laboratorium harus terus ditingkatkan sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan pengguna laboratorium dengan cepat dan tepat. Selama ini, di laboratorium yang ada di JTK, sudah menerapkan pengelolaan dan pelayanan secara konvensional. Namun hal tersebut dianggap memiliki begitu banyak kekurangan dalam hal pengelolaan laboratorium sehingga berdampak pada kurang maksimalnya pelayanan dari laboratorium tersebut. Penggunaan Sistem Informasi Laboratorium merupakan solusi yang dapat diterapkan agar pengelolaan dan pelayanan di laboratorium terlaksana secara efektif, efisien dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Laboratorium di JTK PNL sebagai sarana untuk membantu Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dalam meningkatkan pengelolaan dan pelayanan laboratorium, sesuai amanat PermenPan & RB nomor 10 Tahun 2010 tentang kebutuhan pengelolaan data dan informasi laboratorium yang dikelola secara sistematis dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Kata Kunci


Pengelolaan, Pelayanan, Sistem Informasi Laboratorium.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rochmad Fauzi R, “Pengembangan Aplikasi Laboratorium Sistem Informasi Online Laboratorium Pendidikan (SIONLAP) (Studi Kasus Laboratorium Sistem Kendali Teftum)”, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia, 2016.

Huda M, Sabanise Y, Saputra A, “Sistem Manajemen Laboratorium Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal Berbasis Web”, Smart Comp, 2017.

Hakim A, Utomo Y, Kusumastutie D, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang di Laboratorium Fakultas Teknik Uniska Kediri”, Generation Journal, 2019.

Arisal Nurhadi, “Manajemen Laboratorium dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran”, Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.