Rancang Bangun Alat Pengering Pakaian Secara Otomatis Berbasis Internet of Thing

Bukhari Bukhari, Adi Saputra Ismy, Turmizi Turmizi, Muhammad Razi

Sari


Penduduk Indonesia pada umumnya mengeringkan pakaian dengan menjemur diruang terbuka dengan memanfaatkan panas matahari. Pada kondisi normal temperatur matahari berkisar antara 28-35 oC. Suhu yang ideal digunakan untuk menjemur pakaian, dengan suhu tersebut dibutuhkan waktu antara 3 – 4 jam untuk mengeringkan pakaian. Perubahan iklim global yang berlangsung  saat ini menyebabkan kondisi cuaca yang susah ditebak, mengakibatkan terjandinya perubahan cuaca secara tiba-tiba dari panas ke hujan ataupun sebaliknya. Akibatnya banyak aktifitas menjemur pakaian menjadi tidak normal. Disisi lain, banyak keluarga yang bekerja dari pagi hingga sore hari, dan mempunyai waktu yang sangat terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat/mesin yang mampu mendeteksi kelembaban udara(intensitas kadar air) dan suhu ruangan. Focus penelitian ini adalah mendesain dan memfabrikasi sebuah mesin pengering pakaian yang mampu mendeteksi cuaca mendung dan mendeteksi suhu yang ideal untuk menjemur pakaian. Untuk mewujudkan hal tersebut maka mesin penjemur pakaian otomatis ini dilengkapi dengan mikrokontroller Arduino, sensor hujan, dan sensor kelembaban/temperatur. Sebuah motor DC digunakan untuk mengulung rel jemuran  pada saat terjadinya hujan atau mengeluarkan jemuran pada saat suhu diluar mencapai 20 oC. Sumber panas yang digunakan dalam penelitian ini berasal daari panas matahari, peneliti akan melakukan variasi jumlah kadar air pada jemuran yang mampu di deteksi oleh sensor hujan, sehingga sinyal yang diterima oleh mikrokontroler mampu memerintahkan motor DC untuk menggerakkan rel jemuran.


Kata Kunci


Arduino, Sensor, Microcontroller

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Sulastri, “Prototipe Kendali/Buka Tutup Atap dan Penyiraman Budidaya Tanaman Cabai Berbasis Mikrokontroler dan SMS Gateway,” Laporan Akhir, Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016

Katyal, A., Yadav, R., & Pandey, M, “Wireless Arduino Based Weather Station,” International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, vol. 5, pp. 274–276, April 2016.

Suryanto, & Atmaja, R. S. E. “Atap Otomatis Tanaman Hidroponik Berbasis Mikrokontroler Atmega 89s52”, vol 3, pp. 95–104, Agustus 2017.

Hurriyatul, F., & Widasari, E. R. Dasar-dasar Komputasi Sinyal Digital dan Contoh Aplikasinya Menggunakan Matlab.Edisi 1, Malang-UB Press, 2017.

G. Pradina, “Alat Pengatur Suhu Kelembaban Dan Monitoring Masa

Panen Pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Arduino Uno”,Proyek Akhir, Universitas Negeri Yokyakarta, 2018.

M.D. Faraby, Ishak, Rukiah, Setiawan, “Prototype Pengontrolan Pintu OtomatisMenggunakanArduino Berbasis Android,” Jurnal Teknologi Terapan, vol.2,pp. 32-39, September 2016.

A. Andi, H. Oka, “Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan

Microcontroller Arduino Atmega 328p,” Jurnal Teknologi Elektro, vol.4, pp. 100-112, September 2013.

Masri’an, S. Iwan, Darjat, “Pengendalian Orientasi Webcam Sebagai Pengawas Ruangan DenganMetode Kontrol Fuzzy,”Makalah Seminar Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Januari 2013.

Raudhatul Husna, Muhammad Nasir, Hari Toha Hidayat, Rancang Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot (Internet Of Things), Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol.3 No.2 Maret 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.