Analisa Efektifitas Pembelajaran On Line Pada Mahasiswa Tingkat Satu Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Komputer Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe

Indrawati Indrawati, Mulyadi Mulyadi, Azhar Azhar, Hendrawati Hendrawati

Sari


Sejak Indonesia mengkonfirmasi kasus Corona pertama pada awal Maret lalu, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beragam aturan yang tertuang dalam  Keppres yang ditetapkan pada 31 Maret tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat terkait Covid-19. Presiden menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit yang menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Penghentian kegiatan akademik dari modus pembelajaran tatap-muka dan menggantikan dengan modus belajar daring. Memperhatikan tentang Peraturan Pemerintah serta Permen_Dikbud tersebut, maka kegiatan belajar-mengajar ikut disesuaikan dari sistem pembelajaran konvensional kesistem pembelajaran online. Metode pembelajaran ini berdampak pada efektifitas hasil pembelajaran. Pada penelitian ini, efektifitas pembelajaran on-line, diamati menggunakan comparison method. Uji efektifitas dilakukan dengan tiga metode pembelajaran yaitu; tatap muka, blended learning, e-learning. Hasilnya diperoleh bahwa persepsi mahasiswa terhadap sistem pembelajaran e-learning menyatakan setuju, persepsi mahasiswa pada pembelajaran tatap muka berkategori sangat baik.  Pada pengujian N_gain diperoleh H1=  atau H1= 56,87  66,37  61,78. Kelas kontrol dan eksperimen (Blended) dan e-learning  tidak mempunyai kemampuan sama dalam peningkatan skor hasil belajar. Dengan pengujian normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk diperoleh hasil bahwa nilai signifikan pada Kolmogrov dan Shapiro menunjukkan nilai ≥ 0.05 sehingga data berdistribusi normal atau Ho diterima, Pada uji Paired Sample Statistik T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu semua nilai menunjukkan 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena rata-rata nilai pretest < posttest maka secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dengan posttest, Kesimpulannya bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre-Test dengan Post-test. Artinya ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran. Jika dilihat dari persepsi mahasiswa pembelajaran e-learning dipersepsikan sangat baik.

Kata Kunci


Efektifitas; objek; on-line ; pembelajaran; pemrograman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Joko Widodo, Keputusan Presisden tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Cowd-I 9)”, Presiden Republtk Ii,Idonesia, Jakarta., 2020.

Nadiem Anwar Makarim, Surat Edaran No 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penyebaran Virus Corona DEsease -19 di Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. 2020,

Edi Santoso.”Pengaruh Pembelajaran On-line Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Mahasiswa ”. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2009.

Michael Molinda, Instrucsional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio. 2005.

Gagne, R.M., Principle of In Design. New York : Hall Rinehant and Winston. 1985.

Michael Molinda, Instrucsional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio, 2005.

Heri Triluqman BS, Sukirman, Pengembangan Sistem Pembelajaran On-line Berbasis Moodle Di Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Lembaran Ilmu Kependidikan, 2009, Jilid 38, no.1 Universitas Negeri Semarang

Budiyono. Statistika Dasar untuk Penelitian. 2004. ,Surakarta: FKIP UNS Press

Engineering Statistics Handbook. Kolmogorov-Smirnov Goodness-of-Fit Test., (2009). , USA: NIST Sematech.

Chriestie E. J. C. Montolalu, Yohanes A.R. Langi, Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test, Jurnal Matematika dan Aplikasi D CartesiaN, 2018, Vol. 7 No.1 hal 44-46.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.