Viabilitas Bakteri Bacillus Subtilis sebagai Self Healing Agent pada Mortar Geopolimer

Faisal Rizal, Rizal Syahyadi, Hanif Hanif, Zairipan Jaya

Sari


Keretakan pada permukaan beton merupakan masalah besar dan memerlukan biaya perbaikan yang besar, apalagi jika keretakan tersebut berada pada lokasi yang sulit dijangkau, jika tidak ditanggulangi keretakan akan menimbulkan kerusakan pada tulangan. Pengembangan mikroorganisme yang ditanamkan pada beton membuat keretakan dapat segera tertanggulangi dengan kristal kalsium karbonat yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Penelitiann ini dilakukan terhadap beton geopolimer yang merupakan salah satu inovasi dalam menggantikan beton konvensional, dikarenakan lebih ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan keretakan yang terjadi pada geopolimer dengan menggunakan bakteri Bacillus subtilis sebagai self healing agent. Penelitian ini menggunakan fly ash dari PLTU Nagan Raya dan bakteri Bacillus Subtilis yang berperan sebagai self healing agent. Prosedur untuk pengikat mortar geopolimer mengacu pada prosedur konvensional. Metode yang digunakan untuk pengujian UPV mengacu pada standar ASTM C 597-02 IDT.  Penelitian ini dilakukan terhadap 3 jenis konsetrasi NaOH yaitu 4M, 10M dan 16M, dengan rasio pencampuran larutan NaOH/Na2SiO3 = 2,5. Variasi bakteri b. subtilis dan kalsium laktat adalah 1%+2%; 1,5%+3% dan 2%+4%. Benda uji yang digunakan adalah mortar kubus berukuran 10x10x10 cm dengan jumlah benda uji sebanyak 48 buah, pengujian dilakukan pada umur 14, 21 dan 28 hari. Pengukuran pH larutan alkali dan pH mortar dilakukan untuk mengetahui tingkat keasambasaan larutan NaOH. Hasil pengukuran menunjukkan nilai terendah berada pada pH 11,71 dan nilai tertinggi pada pH 12,61. Maka dapat disimpulkan bakteri tersebut mampu bertahan hidup pada 3 jenis konsentrasi NaOH. Hasil dari pengujian UPV menunjukkan bahwa semakin bertambahnya umur mortar maka semakin tinggi pertumbuhan bakteri dalam menutupi retakan. Tetapi hal sebaliknya terjadi pada nilai UPV yang mana semakin bertambahnya persentase kandungan bakteri maka semakin menurun pula pertumbuhan dari bakteri dalam menutupi retakan, dengan nilai persentase optimum pertumbuhan bakteri sebesar 38,45%.


Kata Kunci


Keretakan, Geopolimer, Bakteri Bacillus Subtilis, pH, UPV

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ikons. (2017, 12 Maret). Menanggulangi Keretakan Beton dengan Bakteri. Diakses pada 13 November 2020, dari https://www.ikons.id/menanggulangi-keretakan-beton-dengan-bakteri

Rochani, I.; Prasetyo, A.; & Kurniawan, A., 2016, “Pemanfaatan Batu Apung (Pumice) sebagai Agent Perbaikan Kerusakan Retak pada Beton”, Majalah Geografi Indonesia, Vol. 30 No. 1, hlm. 49-57.

Kim, D .; Lai, HT; Chilingar, GV; Yen TF (2006), Pembentukan geopolimer dan sifat-sifatnya yang unik, Environ. Geol, 51 [1], 103–111

Abdullah, M. M., Razak, R. A., Yahya, Z., Hussin, K., Ming, L. Y., Yong, H. C., et al. (2013). Asas Geopolimer (Teori & Amali) (1st ed.). Perlis: Unit Penerbitan Universiti Malaysia Perlis.

Backman P.A., Brannnen P.M dan Mahaffe W.F. 1994. Plant Respon and Disease Control Following Seed Inoculation with Bacillus sp. Di dalam: Ryder MH, Stephen PM, Bowen GD, editor. Improving Plant Production with Rhizosphere Bacteria. Australia: Pruc Third Int Work PGPR South Australia.

Lay,W.B.1994.Analisa Mikroba di Laboratorium.Edisi I.Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Perera, D. 2007. Geopolymers-low energy and environementally sound materials. Proceedings of the 1st International Congress on Ceramics. Freiman, S. (ed). The American Ceramic Society.

ASTM C618 (1994), Standard Specification for Fly Ash and Raw or Calcined Natural Pozzolan For Use as Mineral Admixture in Portland Cement Concrete. American Society for Testing and Materials, Annual Book of ASTM Standards, West Conshohocken, Pennsylvania, Volume 04.02.

Abdul, Y.K. 2017. “Rekayasa Beton Geopolimer Berbasis Fly Ash”. . Fakultas Vokasi Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.