Pelatihan Instalasi Dan Perawatan Speaker TOA Masjid Untuk Remaja Masjid Al-Bayan Komplek Politeknik Negeri Lhokseumawe

Zulfikar Zulfikar, Fauzan Fauzan, Syahrul Syahrul, Nasir Nasir, Khairil Fata

Sari


Mesjid Al-Bayaan terletak di komplek Politeknik Negeri Lhokseumawe, mesjid ini adalah sebagai satu-satunya pusat sarana beribadah yang presentatif di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Dilingkungan mesjid ini juga terdapat beberapa gedung antara lain gedung Admistrasi , Jurusan tataniaga, teknik Mesin , teknik sipil, teknik kimia, teknik komputer teknik elektro dan juga dilengkapi dua gedung asrama yaitu asrama putri dan asrama putra serta koplek perumahan dosen.  Semua kegiatan keagamaan baik untuk mahasiswa dan dosen terpusat pada mesjid ini.Namun demikian peserta dalam kegiatan masjid semakin berkurang, salah satu penyebab nya adalah sound system dan speaker Toa  yang belum maksimal suaranya dan juga remaja masjid kurang manguasai bitang  teknik pengeras suara. Bagaimana remaja masjid lebih mantap dalam mengistal dan  metode pemeliharaan toa, inilah salah satu tujuan pelaihan ini . Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan terlihat kemajuannya  yaitu Berdasarkan nilai yang diperoleh tingkat kemampuan peserta pelatihan mempunyai  nilai rata-rata 3,6 dengan kategori kemampuan kurang. Setelah mengikuti pelatiahan kemampuan peserta meningkat yaitu dengan nilai rata-rata 8,45 dengan kategori kemampuan baik. Pelatihan sangat membantu peserta dalam menguasai instalasi dan langkah-langkah Perawatan seaker toa  sehingga menambah skill bagi peserta pelatihan.


Kata Kunci


Speaker, Instalasi, Toa, Pelatihan, Suara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasbullah, 2010, Implementasi Life Skill Bagi Remaja Putus sekolah dalam Bidang Teknologi Informasi Berbasis Kewirausahaan di Pangalengan Kabupaten Bandung, Jurusan Teknik Elektro FPTK UPI, Bandung.

Moerdiyanto, 2012, Perluasan Implementasi Pendidikan kewirausahaan Model project Based Learning Bagi Remaja Putus Kekolah Korban Gempa, Jurnal Economia, Volume 8, Nomor 1.

H. Habib, “Perancangan Audio Beam Steering Untuk Sistem Pengusiran Hama Burung,” Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2017.

C.D. Smith and E.F. Jones, “Load-Cycling in Cubic Press” in Shock Compression of Condensed Matter-2001, edited by M.D. Furnish et al., AIP Conference Proceeding 620, American Institute of Physics, Melville, NY, 2002, 651-654.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.