Pelatihan Pemasangan Instalasi Listrik Bagi Santri Dayah Arraudhah Tahfizh Alquran Kota Lhokseumawe

Gunawan Gunawan, Rahmawati Rahmawati, Rudi Syahputra, Supardin Supardin, Siti Amra

Sari


Dayah Arraudhah Tahfidz Alquran belum memiliki sarana dan prasarana penunjang untuk kegiatan ekstra kurikuler dalam bidang teknik khususnya keterampilan pemasangan instalasi listrik. Hal ini dikarenakan mitra belum memiliki SDM, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran kelistrikan. Tujuan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan peserta pelatihan keterampilan memasang instalasi listrik dengan baik dan aman. Salah satu solusi melakukan kerjasama Politeknik Negeri Lhoksuemawe dengan Dayah Arraudhah Tahfidz Alquran membuat modul dan pelatihan perakitan listrik sebagai penunjang kegiatan ekstra kurikuler. Pelatihan perakitan listrik yang diberikan adalah teknik instalasi listrik penerangan rumah tinggal sederhana. Pelaksanaan pelatihan instalasi penerangan dilaksanakan dengan memberikan dasar teori dan praktek instalasi listrik. Salah satu hal yang sangat penting dalam instalasi listrik adalah faktor keamanan, sehingga terlebih dahulu dijelaskan gambaran umum tentang peraturan instalasi listrik dan simbol kelistrikan. Selanjutnya peserta diberikan pengetahuan cara menggunakan alat ukur listrik untuk mengukur tegangan, arus, dan tahanan. Metode realisasi kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi, tanya jawab dan praktek selama 3 (tiga) kali pertemuan dengan jumlah peserta pelatihan 10 (sepuluh) orang di Dayah. Tahapan kegiatan: Pre-test, penyajian materi dan praktek instalasi listrik, post-test. Pre-test dan post-test berisi evaluasi kemampuan awal dan akhir siswa dalam kaitan dengan pengetahuan dan keterampilan instalasi listrik. Hasil evaluasi sebelum pelatihan kepamampuan rata-rata peserta dengan score 22 artinya kemampuan kurang. Setelah  dilaksanakan pelatihan kemampuan peserta meningkat sebesar 60 % dengan nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa peserta telah meningkat pengetahuan, kemampuan memasang dan memperbaiki instalasi listrik penerangan di rumah dengan benar dan aman.


Kata Kunci


Kata kunci: ekstrakurikuler, instalasi, listrik, PKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. D. Budiman, "Panduan Instalasi Listrik Untuk Rumah Berdasarkan PUIL 2000," Jakarta: Yayasan Usaha Penunjang Tenaga Listrik Bekerja sama dengan Copper Development Centre. South East Asia, 2000.

SNI, "Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 (PUIL 2011),"

A. Rifai, Buku Pintar Mengatasi Listrik di Rumah. Bandung: CV. GEMA BUKU NUSANTARA, 2014.

B. Fechera, M. Somantri, and D. L. Hamik, "Desain dan Implementasi Media Video Prinsip-Prinsip Alat Ukur Listrik dan Elektronika," Innovation of Vocational Technology Education, vol. 8, 2012.

R. Purwanti and K. I. Ismara, "Pengembangan modul diklat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) instalasi listrik," Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 8, 2018.

H. Herdianti and P. Gendroyono, "Pembuatan trainer troubleshooting instalasi penerangan listrik sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas xi di SMK Negeri 5 Jakarta," Journal of Electrical Vocational Education and Technology, vol. 1, pp. 55-62, 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.