PKM Membangun Sistem Belajar Online Pada Pesantren Modern Misbahul Ulum Kota Lhokseumawe Dalam Menghadapi Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19)

Salahuddin Salahuddin, M. Khadafi, M. Arhami, Husaini Husaini

Sari


Sejak merebaknya wabah Coronavirus Disease (COVID-19) telah melumpuhkan sebagian besar aktivitas masyarakat terutama pada lembaga pendidikan, seperti pada mitra Pesantren Misbahul Ulum. Kegiatan belajar mengajar pada mitra tidak dapat dilakukan secara normal/tatap muka. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah berkaitan dengan sulitnya melakukan proses belajar mengajar (PBM) pada masa pandemi COVID-19 di pesantren Misbahul Ulum Kota Lhokseumawe. Peserta didik mitra (santri/santriwati) belum optimal dalam melakukan pembelajaran secara mandiri selama masa pandemi COVID-19. Tujuan penerapan ipteks adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman dewan guru/santri pesantren Misbahul Ulum terkait pembelajaran online menggunakan aplikasi google class room dan aplikasi zoom cloud meeting. Sehingga proses PBM pada mitra program dapat dilakukan meskipun ditengah merebaknya wabah COVID-19. Sedangkan metode pelaksanaan yaitu melakukan pembekalan teori untuk menjelaskan teori dasar tentang sistem belajar online secara umum. Metode demonstrasi menjelaskan tatacara membangun sistem belajar online menggunakan aplikasi google class room dan aplikasi zoom meeting. Metode praktek dilakukan dengan mempraktikkan langsung semua materi yang sudah didapatkan sebelumnya baik mengenai membangun sistem belajar online menggunakan aplikasi google class room dan menggunakan aplikasi zoom meeting yang dipandu langsung oleh pengabdi. Selanjutnya melakukan evaluasi terhadap peserta dengan mengukur persentase kemajuan peserta sebelum dan setelah kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan selama kegiatan, hampir semua peserta pelatihan dapat membuat sistem belajar online menggunakan google class room dan menggunakan aplikasi zoom meeting dengan baik. Hasil evaluasi yang telah dilakukan terdapat 85% para peserta pelatihan sudah dapat mencreate aplikasi belajar online dengan google class room dan aplikasi zoom meeting unlimeted.


Kata Kunci


COVID-19, Aplikasi google class room, Aplikasi zoom meeting, PBM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Marzuki, “Sejarah Dan Perubahan Pesantren Di Aceh,” Millah, vol. 11, no. 1, pp. 221–233, Aug. 2011, doi: 10.20885/millah.vol11.iss1.art11.

P. M. Ulum, “No Title,” 2020. http://misbahululum.ac.id/.

W. Cayeni and A. S. Utari, “Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pascasarj., 2019.

Salahuddin, Husaini, and Anwar, “Web-based information system design of agricultural management towards self-sufficiency local food in North Aceh,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012018.

Salahuddin, Husaini, Anwar, and Zulfan, “Web-based Application of Agricultural Management Development,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 536, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/536/1/012140.

M. Kurniawati, H. Santanapurba, and E. Kusumawati, “Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.20527/edumat.v7i1.6827.

G. Gunawan, N. M. Y. Suranti, and F. Fathoroni, “Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period,” Indones. J. Teach. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 61–70, 2020.

N. Septantiningtyas, “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” EDURELIGIA; J. Pendidik. AGAMA Islam, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.714.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.