Pelatihan Diversifikasi Olahan Pangan Berbasis Pisang Awak Sebagai Olahan Pangan Sehat Di Masa Pandemi Di Desa Jambo Timue

Eka Kurniasih, Fakhriah Fakhriah, Adriana Adriana

Sari


Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah melalui pola makan yang benar dengan mengkonsumsi bahan makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahan makanan juga beragam, dari yang high price hingga low price bergantung pada selera konsumennya. Tentunya bahan makanan high price hanya milik golongan masyarakat tertentu saja, padahal COVID-19 tidak pernah memilih penderitanya. Beruntunglah, berbagai penelitian menunjukkan bahwa pisang termasuk salah satu bahan pangan peningkat imunitas tubuh karena kandungan vitamin A, C, dan B6 yang tinggi. Selain itu, pisang tergolong ramah dikantong, mudah ditemukan karena penanaman tidak memerlukan perawatan yang mahal bahkan sering tumbuh dipekarangan rumah, salah satunya dirumah warga Desa Jambo Timu. Jenis pisang yang umumnya terdapat di desa tersebut adalah pisang awak. Sebagai buah hasil tanaman pekarangan, pisang awak memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat diolah menjadi apa saja dan dapat dikonsumsi pribadi agar masyarakat bisa tetap sehat walaupun perekenomian tengah melemah. Dengan menerapkan teknik diversifikasi, olahan yang dihasilkan juga berpotensi sebagai ladang usaha masyarakat khususnya dimasa berlangsungnya kebijakan stay at home akibat COVID-19 seperti saat ini. Dalam kegiatan ini dipilih Desa Jambo Timu yang merupakan salah satu desa yang berada dalam wilayah binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe, yang menjadikan rumah baca Hasan Savvas sebagai titik pusat informasi karena memiliki komunitas baca dari kalangan ibu-ibu dan remaja putri yang sangat ingin menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Dalam pelatihan ini, mitra diedukasi mengenai imunitas tubuh, perkembangan dan penyebaran virus khususnya COVID-19 dan olahan pangan berbasis pisang awak sebagai salah satu jenis makanan penambah imunitas tubuh. Perubahan pada mitra diukur melalui quisioner yang diberikan sebelum dan sesudagh kegiatan dan tetap dilakukan monitoring oleh tim pengusul. Diketahui mitra telah teredukasi dan memiliki ketrampilan tambahan mengenai olahan pangan setelah melewati pelatihan ini.


Kata Kunci


Covid-19, Imunitas, Pangan, Pisang Awak, Virus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Puspita, W. 2011. “Pola Pemberian Pisang Awak (Musa paradisiaca var. awak), Status Gizi dan Gangguan Saluran Pencernaan pada Bayi Usia 0-12 Bulan di Desa Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara”. Repositori Universitas Sumatera Utara: Medan.

IDN Times. 2019. “12 Bukti Pisang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan, Ayo Makan Tiap Hari”. https://www.idbtimes.com/health/fitness/viktor-yudha/manfaat-kesehatan-makan-buah-pisang-setiap hari-full. Diakses pada 25 Maret 2020.

P2PTM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. “Khasiat dan Manfaat Pisang”. Diakses pada 25 Maret 2020, dari http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang.

Khamidi, S., Fauzi, A., & Suyadi, I. 2010. “Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi “Faiza Bordir” Bangil–Pasuruan)”. Jurnal Universitas Brawijaya Malang: Malang.

Hermawan, L. 2015. “Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan Atau Menimbulkan Kanibalisme Produk?”. Jurnal Studi Manajemen, Vol. 9, No. 2.

Apriani, R. 2012. “Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instant Supermie: Survei pada Konsumen Supermie di Supermarket Borma Antapani Bandung”. Repositori Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Mangunsong, L., Zawitri, S., dan Susana. 2016. “Penganekaragaman Produk Olahan Pisang Didesa Peniti Luar Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat”. Jurnal Teknologi Pangan Vol. 7 (2): Hal :62-67.

Zawitri, S dan Ali, M. 2017. “IbM Kelompok Tani Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh Melalui Aneka Olahan Produk Berbasis Pisang dan Nanas”. Jurnal Teknologi Pangan Vol. 8 (2): 147-152.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.