Pembuatan Hand Sanitizer Tanpa Alkohol Sebagai Salah Satu Antisipasi Wabah Covid-19

Alfian Putra, Juanda Juanda, Rudi Saputra

Sari


Dengan kondisi lock down saat ini banyak masyarakat yang terpuruk secara ekonomi terutama masyarakat kecil yang mengandalkan pencarian harian, sehngga untuk pembelian hand sanitizer ini bukan menjadi fokus utama, sementara wabah virus corona sampai saat ini terus mengancam. Untuk inilah kami dari team pengabdian masyarakat mencoba untuk memberikan solusi terhadap permasalahan ini. Untuk itu program pengabdian masyarakat untuk memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer alami tanpa alkohol. Kegiatan meliputi pelatihan dan praktik pada masyarakat dengan menggunakan bahan alami menjadi Hand Sanitizer yang merupakan hasil ekstrak bahan alami yang mudah didapat di Kota Lhokseumawe, misalnya penggunaan daun sirih, dimana kadar daun sirih minimal 15% efektivitasnya sama dengan alkohol, sehingga dapat menggantikan fungsi alkohol. Untuk peningkatan harumnya digunakan belimbing wuluh dan kulit lemon yang juga sama sama efektif dalam mebunuh kuman dan virus. Team juga akan melakukan pemantauan secara berkala terhadap implementasinya di lapangan sebagai bahan evaluasi bagi team terhadap keberhasilan program ini. Target dari kegiatan ini adalah terciptanya handasanitizer yang murah dan mudah dibuat sehingga masyarakat dapat meracik sendiri hand santize tersebut tanpa harus membeli, dan terciptanya kenyamanan dan ketentraman pada masyarakat dalam penggunaanya karena tidak menggunakan alkoholhnya.


Kata Kunci


Alami; Corona; Hand sanitizer; Kuman; Virus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Biro Pusat Statistik, 2016, Lhokseumawe Dalam Angka, BPS Kota Lhokseumawe

. Furnawanthi, I. 2002. Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya. Edisi Pertama. Jakarta:Agro Media Pustaka.

. Marshall,J.M. 1990. Aloe vera Gel:Whats is The Evidence. NewYork:The Pharmaceutical.

. Khmaidah,S dkk 2019, Pembuatan Handa Sanitizer Alami sebagai upaya Peningkatan Personal higine Masayarakat Desa Kalikayen , Kota Semarang, BIMKMI Volume 7 No.1 edisi Juni 2019

. Fatimah,C, 2018, Pembuatan Hand Sanitizer Menggunakan Antiseptik Alami Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018 Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan – Sumatera Utara.

. Susilo,J.,Erwiyani,A.R.,Hati, A.K., Pembekalan Hand Hygiene dan Pelatihan pembuatan Hand sanitizer Lidah Buaya (Aloevera.L) di SMA Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo. ISSN 2657-1161 (cetak) ISSN 2657-117X (online)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.