Pelatihan Analisis Struktur Dan BIM Kontruksi Bangunan Gedung Untuk Alumni Jurusan Teknik Sipil

Musbar Musbar, Rizal Syahyadi, Abdul Muhyi, Teuku Riyadhsyah

Sari


Analisis struktur harus dapat memastikan bahwa alur, distribusi dan pengaruh beban terhadap struktur sehingga sebuah bangunan layak untuk dikerjakan. Perkembangan teknologi konstruksi yang semakin cepat pada era revolusi industri 4.0 dan menyongsong era 5.0, sehingga menuntut para lulusan muda bidang teknik sipil dibidang konstruksi untuk menguasai berbagai aplikasi perangkat lunak sebagai nilai tambah untuk sektor sumber daya manusia. Beberapa prangkat lunak yang harus dimiliki oleh lulusan teknik sipil dibidang konstruksi diantaranya aplikasi perhitungan struktur dan aplikasi pendukung untuk BIM (building information modelling). Pelaksanaan kegiatan PKM yang berupa pelatihan analisis struktur dan BIM untuk meningkatkan SDM lulusan Teknik Sipil PNL dengan mengacu pada laporan kementerian PUPR yang disusun dalam roadmap konstruksi digital Indonesia menunjukkan fakta yang menyatakan bahwa sektor konstruksi masih memperlihatkan efisiensi dan produktifitas yang masih lemah, perkembangan teknologi konstruksi yang masih rendah dibandingkan dengan negara maju serta SDM yang belum merata dan kurangnya sertifikasi keahlian. Kegiatan pelatihan berupa pelatihan penguasaan aplikasi perangkat lunak perhitungan struktur (CSi ETABS) dan BIM (CSi Details) tentang konstruksi bangunan gedung pada skala menengah – bawah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari penuh yang bertempat di Laboratorium Struktur Jurusan Teknik Sipil PNL dengan jumlah peserta sebanyak 6 orang. Materi pelatihan secara umum terbagi pada bagian 5 bagian utama, yaitu: modelisasi, pembebanan, analisis struktur, perhitungan volume dan pendetailan gambar. Sebagian besar peserta tidak mempunyai kemampuan dasar yang kuat untuk penggunaan aplikasi software yang digunakan selama pelatihan. Secara umum, pelatihan telah memberikan dasar pemahaman yang baik untuk peserta dan menjadi modal dalam persaingan di dunia kerja sesungguhnya.

 


Kata Kunci


Analisis struktur, perangkat lunak, BIM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik, “Konstruksi Dalam Angka 2019,” Indonesia, 2019.

T. Citradi, “Empat Sektor Penopang PDB Loyo, Ekonomi RI Q3 Mentok 5,02%,” CNBC Indonesia, 2019.

Ardiansyah and S. Triono, “Perguruan tinggi diharapkan berikan solusi tantangan industri konstruksi - ANTARA News Lampung,” Antara Lampung, 2019. [Online]. Available: https://lampung.antaranews.com/berita/321806/perguruan-tinggi-diharapkan-berikan-solusi-tantangan-industri-konstruksi. [Accessed: 30-Jun-2020].

Badan Standardisasi Nasional, “RSNI2 1727-2018 Beban desain minimum dan kriteria terkait untuk bangunan gedung dan struktur lain,” Jakarta, 2018.

S. 1726:2012, “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung,” Badan Stand. Nas. Indones., no. 8, p. 254, 2019.

S. 03-2847-2013, “Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung,” Bandung Badan Stand. Indones., pp. 1–265, 2013.

B. A. Siswanto and M. A. Salim, “Kriteria dasar perencanaan struktur bangunan tahan gempa,” J. Tek. Sipil, vol. 11, 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.