Pelatihan Manajemen Dasar Dan Produksi UKM D’Mar Craft Di Desa Meunasah Mee Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe

Ismed Wijaya, Zulkarnaini Zulkarnaini, Muhammad Nasir

Sari


Usaha kerajinan D’Mar Craft merupakan usaha yang memproduksi kerajinan tangan berupa manik-manik, bunga hias, dan produksi rak bunga dari besi. Meskipun masih dalam cakupan kecil-kecilan, produk yang dihasilkan ternyata sudah banyak dikenal konsumen. Usaha ini mulai dirintis sejak tahun 2018 oleh pemiliknya ibu Mariati, SIP, MSM, namun selama masa pandemi Covid 19, operasional usaha nyaris berhenti akibat daya beli masyarakat turun sementara biaya produksi sangat tinggi. Dalam menjalankan aktivitasnya,  usaha ini terbentur dengan dua permasalahan utama yaitu masalah produksi dan masalah manajemen usaha. Halini disebabkan karena pengelolaan usaha sangat rapuh kurang terorganisir, dan lemah penguatan kapasitasnya. Metode yang digunakan adalah metode orasi dan demontrasi (praktikum/aplikatif). Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2020. Khalayak sasaran berjumlah  4 orang peserta. Tim telah memberdayakan mitra dari sisi manajemen produksi kerajinan tangan dan penentuan saluran pemasaran. Hasilnya menunjukkan adanya perubahan konsep bisnis UKM dari sistem tradisional menjadi sistem digital teknologi informasi.. Selain itu secara kelembagaan (capacity building) mitra UKM D’Mar Craft, kini mulai berproduksi kembali dengan sistem pemasaran produk baru menggunakan media sosial online.


Kata Kunci


Usaha, Kecil, Kerajinan, Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2020. Pedoman Penulisan Proposal dan Pengabdian Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Lhokseumawe 2020. www.p3m.pnl.ac.id/simpenmas

Zahrotul Umami, 2015. Social Strategy pada Media Sosial untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, Vol 4 No 2, Juli 2015 : 195 – 20. Page 195 – 201

Achmad Jamaludin, dkk, 2015. Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Malang: Universitas Brawijaya Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 21 No. 1 April 2015 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Jaidan Jauhari, 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010 Halaman 159-168 ISSN Print : 2085-1588 ISSN Online : 2355-4614 http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Muhammad Amirullah, 2018. Kelebihan Serta Kekurangan dari Pemasaran Tradisional dan Pemasaran Online. Surya Semesta Digital Media. https://www.suryasemesta.com/blog/artikel-4/post/kelebihan-serta-kekurangan-dari-pemasaran-tradisional-dan-pemasaran-online-18

Singgih Nurgiyantoro, 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian Garskin yang dimediasi Word of Mouth Marketing. Jogjakarta: Universitas Negeri Jogjakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.