Pelatihan Pemanfaatan Limbah Komponen Elektronika Rumah Tangga Bagi Pemuda Gampong Meunasah Mesjid Punteuet Kota Lhokseumawe

Usmardi Usmardi, Eliyani Eliyani, Fauzi Gani

Sari


Limbah komponen elektronika yang berasal dari peralatan-peralatan elektronika yang rusak setiap hari semakin bertumpuk. Sebagian peralatan elektronika yang rusak masih dapat diperbaiki tetapi sebagian lainnya menjadi limbah yang tidak dimanfaatkan. Di tempat-tempat usaha service elektronika limbah komponen ini semakin bertambah banyak dan tidak dimanfaatkan secara maksimal.  Padahal komponen elektronika yang ada ini dapat dimanfaatkan untuk mendesain produk inovatif baru yang bernilai ekonomis. Produk inovatif baru yang dihasilkan dapat berupa peralatan-peralatan elektronika atau modul-modul elektronika yang dapat meningkatkan performansi peralatan elektronika yang ada. Mitra yang dapat dilatih dan beri keterampilan dalam hal memanfaatkan limbah komponen elektronika ini adalah pemuda Gampong Meunasah Mesjid Punteuet yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi dan memiliki minat dan hobi bidang elektronik. Target luaran dari program ini adalah produk inovatif baru berupa modul-modul elektronika dan peralatan elektronika dari limbah komponen elektronika dan memberikan modal keterampilan untuk membuka wirausaha baru seperti usaha service elektronika. Metode yang dikembangkan untuk mencapai target luaran program penerapan ipteks ini dengan melakukan pelatihan desain produk inovatif baru. Pelatihan dilakukan menggunakan metode simulasi dan assembling. Metode simulasi dilakukan dengan memanfaatkan komputer menggunakan software simulasi yaitu proteus simulator dan EWB simulator terutama untuk mendesain produk-produk inovatif yang akan diproduksi. Sedangkan metode assembling adalah merakit dan memproduksi hasil desain produk inovatif.

Kata Kunci


Limbah, komponen elektronika, produk, inovatif baru, metode pelatihan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kiromim Baroroh. 2012. Pelatihan Implementasi Metode Simulasi dan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Proceeding Seminar Nasional Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia. Direktorat Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: 362-377.

Roestiyar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Sri Wahyono. 2013. Kebijakan Pengelolaan Limbah Elektronik dalam Lingkup Global dan Lokal (Electronic Waste Management Policies In The Scope Of Global And Local). Jurnal Teknik Lingkungan. Vol. 14 No. 1: Hal 17- 24.

Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Alegensindo. Bandung.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.