Strategi Produktifitas Usaha Pada BUMG Desa Alue Lim Di Masa Pandemi Covid-19

Kheriah Kheriah, Hilmi Hilmi, M. Yusuf, T. Mustaqim

Sari


Kegiatan ini awalnya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Alu Lim Kecamatan Blang Mangat Pemko Lhokseumawe dari sisi manajemen dan keuangan. Belakangan diketahui bahwa BUMG ini tidak lagi beraktivitas sejak tiga tahun yang lalu. Segmentasi usaha yang dipilih pada waktu itu adalah dibidang perkebunan tebu. Unit usaha yang dijalankan tidak bertahan lama karena di dera berbagai permasalahan. Salah satunya adalah tebu tidak dapat tumbuh dengan baik di desa Alue lim. Sejak saat itu sampai sekarang BUMG setempat belum ada pergantian usaha dan pergantian pengurus. Dana desa telah dikucurkan secara signifikan untuk menggerakkan operasional perusahaan milik desa itu, namun beberapa masalah manajemen pengelolaan BUMG timbul tanpa tertangani. Diantaranya terletak pada jalinan komunikasi antara pengurus dengan aparatur, manajemen resiko, studi kelayakan usaha, dan pengelola tidak memiliki perancanaan bisnis (bisnis plan). Kegiatan ini dilaksanakan di desa Alue Lim Kecamatan Blang Mangat Pemerintah Kota Lhokseumawe. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode ceramah dan diskusi interaktif. Personal yang sebagai mitra adalah para pengelola /pengurus BUMG. Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini melatih pengetahuan dan ketrampilan pengelola BUMG mengenai manajerial dan kinerja usaha yang baik untuk BUMG. Tim memberi motivasi dan dukungan manajerial kepada beberapa tokoh penggerak desa untuk mengaktifkan kembali BUMG desa. Edukasi ini tetap mengedepankan protokol kesehatan Selama masa pandemi covid 19, mitra diberi arahan agar segera bangkit dan keluar dari krisis dengan menciptakan unit usaha BUMG yang baru. 

Referensi

[1]        Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2019. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Edisi Revisi 2019. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan..

[2]        Undang Undang Republik Indoensia Nomor  6 tahun 2014 tentang Desa  http://lkbh.uny.ac.id/sites/lkbh.uny.ac.id/files/UU_NO_6_2014.PDF

[3]        Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2016. Panduan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Lhokseumawe : Politeknik Negeri Lhokseumawe.

[4]        Chindy Sasauw, Ronny Gosal, Welly Waworundeng. (2018). Efektivitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Meningkatkan Masyarakat di Desa Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif. Vol 1, No 1 (2018).


Kata Kunci


Manajemen, Produktivitas, BUMDes.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2019. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Edisi Revisi 2019. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan.

Undang Undang Republik Indoensia Nomor 6 tahun 2014 tentang

Desa http://lkbh.uny.ac.id/sites/lkbh.uny.ac.id/files/UU_NO_6_2014.PDF

Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2016. Panduan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Lhokseumawe : Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Chindy Sasauw, Ronny Gosal, Welly Waworundeng. (2018).

Efektivitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Meningkatkan

Masyarakat di Desa Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten

Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif. Vol 1, No 1 (2018).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.