Efektivitas e-learning Selama Wabah COVID-19 (Studi Kasus Di Politeknik Negeri Lhokseumawe)

Intan Cahyani Rachman, Elvina Elvina, Zusma Widawaty, Anwar Anwar

Sari


Wabah Covid-19 telah memaksa pemerintah pusat maupun setiap institusi lainnya di daerah mengeluarkan surat perintah bagi setiap pegawainya menjalankan pekerjaan dari rumah atau yang biasa disebut Work From Home (WFH). Bagi perguruan tinggi seperti Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) maka sejak wabah Covid-19 terjadi, dilakukan Study From Home(SFH). Oleh karena proses belajar mengajar berlangsung dari rumah, maka sistem dalam jaringan (daring) / pendidikan jarak jauh (PJJ) digunakan. Pada proses daring ini, E-learning digunakan untuk memudahkan komunikasi dan transfer ilmu pengetahuan dari dosen ke mahasiswa. Sarana E-learning yang digunakan antara lain whatsapp, google suite, video conference, atau website E-learning yang dimiliki oleh PNL sendiri. Walaupun PNL telah melakukan proses pembelajaran dalam jaringan, efektivitas pembelajaran daring tersebut belum diketahui. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran Elearning yang diterapkan oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe selama wabah Covid-19 berlangsung. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 30 orang dosen dan 150 orang mahasiswa. Sampel dipilih dari keenam jurusan yang ada di PNL dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada dosen dan mahasiswa di PNL. Kuesioner memuat 5 kriteria penilaian, dan setiap kriteria memiliki 5 indikator penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model kesenjangan (discrepancy model), yaitu cara evaluasi yang melihat kesenjangan program yang terjadi antara yang diharapkan dengan pelaksanaan program (kenyataan). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kesenjangan antara program (standar) dengan praktek yang dijalankan oleh dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe dalam proses pembelajaran menggunakan e-learning selama wabah Covid 19 adalah sangat kecil (0%-20%), sedangkan kesenjangan yang dirasakan oleh mahasiswa antara program (standar) dengan praktek yang dijalankan adalah kecil (20%-40%).

Kata Kunci


e-learning; efektivitas, dalam jaringan, pembelajaran jarak jauh.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Barbara, et al. Vienna E-Lecturing (VEL): Learning how to learn

selft-regulated in an internet-based blanded learning setting.

International journal on e-learning. 2008.

R. Kasali, Tantangan Indonesia Dalam Abad ke21 (Mengapa Kita

Harus Siap Berubah?). Disampaikan dalam sosialisasi kurikulum 2013. Penyegaran Nara Sumber Pelatihan Guru untuk Implementasi

Kurikulum 2013. Jakarta, 26-28 Juni 2013.

K. D. Rusman & C. Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi dan Komuni-kasi. Mengembangkan Pro-fesionalisme Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Perkasa. 2011.

C. R. Graham,. Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. Dalam C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds), The Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3-21). San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc. 2006.

D. Fenton & B. W. Watkins, Fluency in distance learning. Charlotte, NC: Information age publishing, Inc. 2010.

A. Heinze & Procter. Online communication and information

technology education. Journal of Information Technology Education.(5), 236. 2006

S. Seok, Teaching aspect on e-learning. International journal on e-learning. 2008.

A. H. Suyanto, Mengenal E-Learning, asep_hs@yahoo.com,

http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id, 2005

Indrawati & W. Setiawan. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan

Menyenangkan Untuk Guru SD, (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan

Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu, 2009.

Soedjono, Pemberdayaan TRRC (Teacher's Research And Reference Center) Menuju Pembelajaran Menyenangkan, 2008.

M. Thompson & N. Wishbow, Prototyping: tools and techniques:

improving software and documentation quality through rapid

prototyping. Proceedings of the 10th annual international conference

on Systems documentation. October 13 – 16, 1992, Ottawa Canada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.