Profitabilitas dan Leverage: Pengaruhnya Terhadap Earning Response Coefficient

Edy Zulfiar, Faisal Faisal, Abdul Halim, Nurul Mawaddah

Sari


Earning Response Coefficient menunjukkan hubungan antara laba dan return saham. Earning Response Coefficient dapat mengidentifikasi perbedaan respon pasar terhadap pengumuman laba suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap Earning Reponse Coefficient. Sample Penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2019. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebayak 348 data pengamatan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Earning Reponse Coefficient, dimana semakin tinggi profitabilitas perusahaan maka tingkat Earning Response Coefficient juga semakin besar. Sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifkan terhadap Earning Reponse Coefficient, dimana semakin tinggi leverage, maka semakin rendah tingkat Earning Response Coefficient

Kata Kunci


Profitabilitas, leverage, earning response coefficient.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Femy Fabian Kumala. 2017. Pengaruh Konservatisme Akuntansi,

Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Terhadap Earning Response Coefficient. Prosiding Akuntansi

Universitas Islam Bandung. Vol 3 (1).

Yossi Diantimala. 2008. Pengaruh Akuntansi Konservatif, Ukuran

Perusahaan, dan Default Risk Terhadap Koefisien Respon Laba (ERC).

Jurnal Telaah &Riset Akuntansi. Vol 1(1).

Scoot, William R. 2015. Financial Accounting Theory. 7th Edition.

Prentice Hall Canada Inc. Scarborough: Ontario.

Nofianti Nana. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan

dan Kebijakan Deviden Terhadap Koefisien Respon Laba. Jurnal

Etikonomi. Vol 13 (2).

M. Wahyuddin Abdullah dan A. Laila Fitriah. 2016. Pengaruh

Akuntansi Konservatisme Terhadap Relevansi Nilai Laporan

Keuangan dengan Kualitas Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal

Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Vol 6(2).

Etty Murwaningsari. 2008. Pengujian Simultan: Beberapa Faktor yang

mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC). Simposium

Nasional Akuntansi Ke XI Pontianak.

Erma Setiawati, Nursiam dan Fitri Apriliana. 2014. Analisis Pengaruh

Ukuran, Pertumbuhan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap

Koefisien Respon Laba. Seminar Nasional dan Call Paper

(Sancall2014): Research Methode and Organizational Studies.

A. Zubaidi Indra, Agus Zahron, Ana Rosianawati. 2011. Analisis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient

(ERC): Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar

Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.Vol. 16(1).

Rina Nurmalina, Suratno, Widarto, Syahril Djaddang. 2018.

Determinan Earnings Response Coefficient dan Peran Konservatisme

Akuntansi sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Property dan Real

Estate. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan JRAP Vol. 5(2).

Dwi Husiano dan Suratno. 2014. Analisis Pengaruh Beta, Leverage,

Dividend Payout Ratio, dan Earnings Persistence terhadap Earnings

Response Coefficient pada Indeks Kompas 100. Jurnal Riset Akuntansi

dan Perpajakan. Vol 1(2).

Sugi Suhartono. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal,

dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Terhadap

Koefisien Respon Laba yang Dimoderasi Konservatisme Akuntansi.

Jurnal Ekonomi Perusahaan. Vol 22(2).

Hasanzade, M., R Darabi, G Mahfoozi. 2013. Factors Affecting the

Earnings Response Coefficient: An Empirical Study For Iran.

European Online Journal of Natural and Social Science. Vol 2(3).

Gusti Ayu Putu Sintya Aryanti dan Eka Ardhani Sisdyani. 2016.

Profitabilitas Pada Earnings Response Coefficient Dengan

Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel

Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 5(1).

Sri Mulyani, Nur Fadjrih Asyik, Andayani. 2007. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Earnings Response Coeficient pada Perusahaan yang

Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing

Indonesia. Vol 11(1).

Desriyana Natalia, Ni Made Dwi Ratnadi. 2017. Pengaruh

Konservatisme Akuntansi dan Leverage pada Earnings Response

Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 20(1).

I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi, I Ketut Yadnyana dan I Putu Sudana.

Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap

Ketepatwaktuan Penyampaian Laporan Keuangan dan Implikasinya

Pada Earning Response Coefficient. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Universitas Udayana. Vol. 9 (5).

Ivan Kurnia dan Sufiyati. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Leverage, Risiko Sistematik dan Investment Opportunity Set Terhadap

Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang

Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2012-2014. Jurnal

Ekonomi. Vol. 3 (20).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.