Analisa Independensi Dan Skeptisme Profesional Auditor Pada Auditor Pemerintah Di Kabupaten Aceh Utara

Mukhlisul Muzahid, Lukman Lukman, M Yazid

Sari


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh kompetensi, independensi dan skeptisme profesional auditor terhadap kualitas audit pada auditor pemerintah di kabupaten Aceh Utara. Alat analisis yang digunakan adalah teknik regresi berganda (multiple regression analysis) dengan pertimbangan bahwa pola hubungan antar variabel dalam penelitian adalah bersifat korelatif dan kausalitas. Model ini akan mampu menjawab bentuk permasalahan yang selama ini terjadi sehingga tujuan dapat tercapai yaitu mengukur seberapa besar pengaruh pengaruh kompetensi, independensi dan skeptisme profesional auditor terhadap kualitas audit secara simultan maupun secara parsial pada auditor pemerintah di kabupaten Aceh Utara. Responden yang dituju adalah auditor pemerintah yang berkerja pada kantor Inspektorat kabupaten Aceh Utara yang berjumlah 21 responden, karena diyakini bahwa mereka memiliki kemampuan dalam mengaudit lembaga/ kantor pemerintah. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi, independensi dan skeptisme profesional auditor berpengaruh terhadap kualitas audit, dan secara parsial kompetensi dan skeptisme profesional auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit laporan keuangan satuan kerja perangkat daerah kabupaten Aceh Utara. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dan pertimbangan bagi pemerintah daerah khususnya auditor pemerintah kabupaten Aceh Utara agar dalam pelaksanaan audit lebih mengedepankan sikap profesionalismenya.


Kata kunci— Kompetensi, Independensi, Skeptisme Profesional Auditor dan Kualitas Audit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusti, Restu dan Pertiwi, Nastia Putri. 2013. Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Kantor Akuntan Publik SeSumatra). Vol 21. No.03.

American Accounting Association’s Committee on Basic Auditing Concepts. (2011). Auditing: Theory And Practice, edisi 9.

Arens, Alvin. A., Randal J. Elder, and Mark S. Beasley. (2013). Auditing and assurance services: An Integrated approach (9th edition). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Boyton, W.C., R.J.Johnson and W.G. Kell,. (2001). Modern Auditing (7th edition). New York : John Wiley & Sons,Inc.

Christiawan, Yulius Jogi. 2002. Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Vol 4 No 2

Effendi, Muhammad Taufik, 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Gorontalo), Tesis. Universitas Diponegoro.

Kharismatuti, Norma, 2012, Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Internal Auditor BPKP DKI Jakarta), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Kusharyanti. 2013. Temuan penelitian mengenai kualitas audit dan kemungkinan topik penelitian di masa datang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Desember). Hal.25-60

Mulyadi. 2012. Auditing. PT. Salemba Empat. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2007, Tentang Pedoman Teknis Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor. 01 Tahun 2007. Standar Pemeriksa Keuangan Negara (SPKN)

Peraturan Men-PAN Nomor : PER/05/M.PAN/03/2008 Tanggal : 31 Maret 2008 tentang Standar Audit Aparat Pengawas Internal Pemerintah.

Restiyani, Resti, 2014, Pengaruh Pengalaman Auditor Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Penelitian Pada Kantor Akuntan Publik Kota Bandung), Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung.

SPAP SA 200. 2012. Tujuan Keseluruhan Auditor Independen dan Pelaksanaan Audit Berdasarkan Standar Audit. Ikatan Akuntan Publik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.