WADUK DI HULU KRUENG PIRAK DAN CEUKU DAPAT MEREDUKSI BANJIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KEUREUTO

Fauzi Abdul Gani, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Daerah Pengaliran Sungai Keureuto sebagian besar terletak di daerah Kabupaten Aceh Utara dan sebagian lagi masuk dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tengah. bagian hilirnya melintas di tengah Kota Lhoksukon ibu kota Kabupaten Aceh Utara. Krueng Keureuto tergolong tipe cabang kipas dengan beberapa anak sungai, seperti Krueng  Pirak, Krueng Ceku, Krueng Aluleuhop, Krueng Kreh, Krueng Peuto dan Krueng Aluganto. Keberadaan Krueng Keureuto di Kabupaten Aceh utara saat ini adalah sebagai penyebab utama terjadinya banjir di kota Lhoksukon dan sekitarnya. Daerah ini mempunyai luas daerah tangkapan air ± 900 km2 dengan banjir desain 1.129,79 m3/dt. Untuk itu diperlukan suatu kajian untuk mendapatkan alternatif penanggulangan banjir yang dapat menyelamatkan musibah yang rutin setiap tahun terjadi ini. Berdasarkan data survey dan informasi dari beberapa narasumber serta analisis yang dilakukan terhadap kondisi eksisting yang ada, maka diperoleh sistem penanggulangan yang berskala perioritas dengan membuat waduk pada DAS Kr. Keureuto yaitu pada hulu aliran Krueng Keureuto, hulu aliran Krueng Pirak dan hulu aliran Krueng Ceuku. Simulasi Operasi Waduk di hulu aliran Krueng Keureuto, dianalisa dengan melakukan simulasi operasi dengan debit inflow. Dari hasil perhitungan simulasi masing-masing waduk maka sangat memungkinkan untuk mereduksi volume banjir dengan kapasitas tampungan total  waduk  Krueng keureuto  55.99 juta m3.


Keywords


waduk, hidrograf dan kapasitas waduk

References


Anonymous. 1987., Bendungan Besar di Indonesia. Jakarta Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengairan Departemen Pekerjaan Umum.

Anonymous, 1999., Panduan Perencanaan Bendungan Urugan, Volume III (Desain pondasi dan tubuh). Jakarta. DPU Direk torat Jendral Pengairan Direktorat Bina Teknik Irrigation Engineering Service Center Bersama Japan International Cooperatio Agency JICA.

Bappeda Kabupaten Aceh Utara (2003), Potensi Kesesuaian Lahan Komuditi Pertanian Pada Kawasan Kabupaten Aceh Uatara.

Dinas Sumber Daya Air Aceh Utara. 2010, Feasibility Study (FS) Waduk Krueng Keureuto, Krueng peuto Kabupaten Aceh Utara.

Hanif Chaudhry M. 1993, Open-Channel Flow by Prentice Hal, Inc A Simon & Schuster Company, Englewood, New Jersey Amirica.

Larry W. Mays and Yeou Koung Tung. 1992, Hydrosystems Engineering and Management, International Edition. by McGraw-Hill Book, Singapore.

Soedibyo. 1993, Teknik Bendungan, Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.

Suyono Sastrodarsono, Kansaku Takeda. 1989., Bendungan Tipe Urugan, Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.

Ven Te Chow, David R. Maidment and Larry W. Mays. 1988, Applied Hydrology, International Edition by McGraw-Hill Book, Singapore.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v5i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fauzi Abdul Gani, Ibrahim Ibrahim