Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Raya pada Lapisan Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Studi Kasus: Jalan Abdul Rahman Wahid, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku STA 00+000 – 02+000)

Fredrik Batilmurik, Nurani Hartika, Putri Suci Mawarisa

Abstract


Kabupaten Maluku Tenggara merupakan salah satu kabupaten yang berada pada Provinsi Maluku  dengan peningkatan tinggi. Peningkatan yang tinggi mengakibatkan beberapa infrastruktur menjadi rusak, karena melebihi kapasitas. Selain itu, faktor cuaca dan infrastruktur yang tidak memadai, Berkembangnya kabupaten dari berbagai situasi menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh pada kuat nya perkerasan jalan. Semakin bertambahnya penduduk,kendaraan serta kepentingan membuat perkerasan jalan tidak bisa memikul beban kendaraan, ditambah dengan tidak adanya saluran drainase, membuat air sering tergenang di badan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menaganalisis kerusakan yang terjadi di sepanjang jalan Abdul Rahman Wahid. Analisis kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), sehingga melakukan pengukuran kerusakan perkerasan jalansepanjang 2 Km dan menghasilkan 30 STA. Data yang didapatkan kemudian diolah dan dihitung menngunakan metode Pavement Condition Index. Setelah mendapatkan nilai  kerusakan perkerasan jalan, maka langkah terakhir adalah menentukan metode perbaikan yang direkomendasikan untuk penanggulangan kerusakan.Hasil dari penelitian ini adalah ada sebanyak 6 kerusakan yang terjadi pada STA 0+000 – 02+000, yaitu: retak kulit buaya, retak kotak-kotak, retak pinggir jalan, retak memanjang atau melintang, tambalan serta lubang, dengan tingkat kerusakan bervariasi dari ringan, sedang hingga berat. Adapun presentase metode perbaikan yang disarankan untuk STA 0+000 – 03+000 adalah sebanyak 31,2% direkomendasikan untuk melakukan pemelihraan rutin, 40,6% direkomendasikan untuk memakai tamabalan dan lapisan tambahan (Overlay) dan 14,3 % sisanya direkomendasikan untuk pembangunan kembali (Rekonstruksi)

Kata kunci : Pavement Codition Index, Jalan Abdul Rahman Wahid, Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan.


Keywords


pavement condition index; metode perbaikan; analisis kerusakan perkerasan jalan

References


Dicky, Oktavian. (2020) Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapisan Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus: Ruas Jalan Cawas-Kalisogo, Klaten. Diss. Universitas Widya Dharma Klaten.

Elianora, Elianora, and Horas Saut MM. (2021) "Analisis Kerusakan Jalan Datuk Setia Maharaja Pekanbaru Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci)." Jurnal TeKLA 3.2. 66-71.

Fatikasari, Aulia Dewi.(2021) "Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI Untuk Mengevaluasi Kondisi Jalan Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo." Agregat 6.2.

Ladja, Gaudensia ME, Ketut M. Kuswara, and Paul G. Tamelan. (2022): "Analisis Kerusakan Jalan Pada Jalan Desa Peibenga-Wolola Kecamatan Lepembusu Kelisoke Kabupaten Ende: Analysis Of Road Damage On Peibenga-Wololo, Sub-District Lempebusu Kelisoke, Ende Regency." Batakarang 3.1 24-32.

Mutoharoh, Azmiyati, et al. (2022) "Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Ruas Jalan Tanjung–Kersana STA 0+ 000 sd 6+ 000." Jurnal Sains dan Teknologi 1.1 : 60-68.

Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York.

Sukirman, S., 1995, PerkerasanLentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.

Wira, Wira Kesuma Putra.(2022) "Analisis Kerusakan Jalan Perkerasan Lentur menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)." Jurnal Teknik 16.1 (2022): 41-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i1.4884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fredrik Batilmurik