Analisa Tundaan Kendaraan dan Panjang Antrian di Perlintasan Sebidang Rel Kereta Api

Andrian Firdaus Yusuf, Satria Agung Wibawa, Ikhwanuddin Ikhwanuddin, Yayu Sriwahyuni Hamzah

Abstract


Penutupan pintu perlintasan kereta api di Kabupaten Nganjuk menyebabkan tundaan dan panjang antrian kendaraan. Hal ini termasuk pada penutupan pintu perlintasan kereta api di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 90 Kecamatan Baron.. Keadaan ini dapat menyebabkan waktu yang diperlukan semakin lama pada saat melintasi ruas jalan tersebut. Penelitian ini menyelidiki dampak dari penutupan pada pintu perlintasan kereta api yang berpenaruh terhadap tundaan kendaraan dan panjang antrian kendaraan. Tujuan dari penelitian ini, untuk memberi masukan kepada pemerintah setempat dalam upaya meminimalisir kemacetan di lokasi JPL 90. Hasil analisis bahwa besarnya waktu tundaan akibat adanya pengaruh penutupan pintu pada perlintasan kereta-api dari arah Surabaya - Madiun yang “terbesar” adalah 14,32 kendaraan/detik, Sedangkan yang dari arah sebaliknya Madiun - Surabaya yang “terbesar” adalah 14,54 detik/kendaraan. Untuk perhitungan antrian arah Surabaya-Madiun selama 1 hari pengamatan dan diperoleh panjang antrian “maksimum” yang terjadi pada waktu 15:25:46 sepanjang 205 meter, selanjutnya arah Madiun – Surabaya dengan panjang antrian “maksimum” yang terjadi waktu 15:25:46 sepanjang 279 meter.


Keywords


tundaan, panjang antrian, perlintasan sebidang

References


Agustiono, Nowo. 2005. Studi Evaluasi Kinerja Angkutan Antar Jemput Malang Jogjakarta.Skripsi. Institut Teknologi Nasional Malang.

Bagaskara N.D.,dkk., (2020), Evaluasi Perlintasan Sebidang Jalan Rel dengan Jalan Raya di Kota Semarang (Studi Kasus: Perlintasan di Jalan Anjasmoro Raya, Jalan Madukoro Raya dan Jalan Kokrosono), G-SMART Jurnal Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang Volume 4 Nomor 1

Bina Marga, Direktorat Jendral. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). PT. Bina Karya, Jakarta.

Departemen Perhubungan, Peraturan Menteri. 2005. Pedoman teknis perlintasan sebidang antara jalan dengan jalur kereta api

Dirjen Bina Marga. (1990) Panduan Survey dcn Perhitungan Waktu Pe$alanan Lalu Lintas, Departernen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Dirjen Bina Marga. (1990) Petuniuk Tertib Pemanfaatan Jalan, Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Lukita M.F.,dkk., (2022), Analisis Antrian dan Tundaan Akibat Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhapao Kinerja Lalu Lintas di Simpang Stasiun Bekasi, CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia Vol 2, No. 4, 2022

Muttaqin M.Z., dkk., (2014), Pengaruh Tundaan dan Antrian Panjang Kendaraan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak Akibat Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api (Studi Kasus Pada Perlintasan Kereta Api Purwosari), (e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL.

Morlok, Edward K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen Dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia. (2004), Nomor 38, Tentang jalan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v15i2.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 yayu sriwahyuni hamzah