EVALUASI DAN PERENCANAAN PILE CAP PADA FLY OVER JAMIN GINTING KOTA MEDAN

Tondi Amirsyah Putera, Husin M. Gultom, Ferry Perdana Susanto

Abstract


Abstrak — Pile cap merupakan salah satu elemen penting dari suatu struktur. Hal ini dikarenakan pile cap memiliki peranan penting dalam pendistribusian beban struktur ke tiang bor untuk kemudian diteruskan ke dalam tanah. Dalam perencanaan pile cap, terdapat berbagai metode desain, salah satunya adalah metode strut and tie. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi perencanaan pile cap di titik P10 pada proyek Fly Over Jamin Ginting dengan menggunakan metode strut and tie. Perhitungan metode strut and tie dilakukan berdasarkan peraturan ACI Building Code 318-2002, yang meliputi desain model strut and tie, besar gaya yang terjadi, serta penulangan pile cap. Untuk memperoleh hasil yang signifikan, maka perhitungan metode strut and tie dilakukan dua cara yaitu secara manual dan dengan menggunakan program komputer yaitu CAST. Dari hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan, terdapat perbedaan hasil dimana perencanaan metode strut and tie yang dilakukan menggunakan program CAST memberikan luas tulangan dan gaya-gaya yang terjadi pada struktur sedikit lebih besar dibandingkan dengan metode secara manual. Untuk metode yang dilakukan secara manual, besar gaya yang terjadi pada masing-masing strut F1 = 7384,9 kN ; F2 = 6445,7 kN ; F3 = 4926,9 kN dan tulangan yang digunakan pada tie F1 = 66 D 32 ; F2 = 50 D 32 ; F3 = 26 D 32, dengan luas total tulangan sebesar 114145,28 mm2. Sedangkan metode dengan menggunakan CAST, besar gaya F1 = 8930 kN ; F2 = 6742,8 kN ; F3 = 5082,5 kN dan tulangan yang digunakan pada tie F1 = 70 D 32 ; F2 = 54 D 32 ; F3 = 34 D 32, dengan luas total tulangan sebesar 129402 mm2.

Kata kunci : pile cap, program, ACI 318-02, strut and tie.

Abstract — Pile cap is one of important element of the structure. Therefore the pile cap has important figure in distribute structure load to bore pile which is forwarded into ground then. In pile cap planning, there are various of design methode, which the one of is strut and tie methode. The purpose of this study is to analyxe and evaluate the planning of pile cap in P10 at Fly Over Jamin Ginting project by using strut and tie methode. The calculation of strut and tie methode based on ACI Building Code 318-2002 rule, which involve strut and tie design, value of force occur, and pile cap reinforcement. To obtain the significant result, then the calculation of strut and tie methode is done by two ways, by manually and using computer program CAST. From the result of analysis and calculation that have been done, obtained difference value which is the strut and tie methode by using CAST gave extensive reinforcement and forces occur bit bigger than by manually. For methode by manually, value of forces occur in each struts F1 = 7384,9 kN ; F2 = 6445,7 kN ; F3 = 4926,9 kN and reinforcement ties F1 = 66 D 32 ; F2 = 50 D 32 ; F3 = 26 D 32,within extension reinforcement is 114145,28 mm2. Meanwhile the methode by using CAST, value of forces occur in each struts F1 = 8930 kN ; F2 = 6742,8 kN ; F3 = 5082,5 kN and reinforcement ties F1 = 70 D 32 ; F2 = 54 D 32 ; F3 = 34 D 32, within extension reinforcement is 129402 mm2..

Keywords: pile cap, program, ACI 318-02, strut and tie

Keywords


pile cap, program, ACI 318-02, strut and tie

References


ACI Committee 318. (2002) Building Code Requirements for Structural Concrete (ACI 318-02) and Commentary (318R-02). Farmington Hills, Michigan: American Concrete Institute.

Adebar, P., Zhou, Z., dan Zongyu, L. (1993) Design of Deep Pile Caps by Strut-and-Tie Models, ACI Structural Journal, No. 93-S41.

Badan Standardisasi Nasional. (2002) Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (SNI 03 – 2847 – 2002). Bandung: Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum. (1987) Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum. (1992) Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005) Standart Pembebanan Untuk Jembatan (RSNI T -02-2005). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Ghoneim, M., dan El-Mihilmy, M. (2008) Design of Reinforced Concrete Structures, Vol. 3.

Ghoneim, M., dan El-Mihilmy, M. (2008) Design of Reinforced Concrete Structures, Vol. 1.

Hardjasaputra, H., dan Tumilar, S. (2002) Model Penunjang dan Pengikat (Strut and Tie Model) Pada Perancangan Struktur Beton. Universitas Pelita Harapan.

Mowka, R. L. (1999) Investigation of the Resistance of Pile Caps to Lateral Loading. Blacksburg, Virginia: Virginia Polytechnic Institute and State University.

Pakpahan, R. (2010) Analisis Perencanaan Dinding Geser Dengan Metode Strut and Tie Model, Tugas Akhir. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Reineck, K. (2002) Examples for the Design of Structural Concrete with Strut-and-Tie Models. Farmington Hills, Michigan: American Concrete Institute.

Schlaich, J., Schäfer, K., dan Jennewein, M. (1987) Toward a Consistent Design of Structural Concrete, Journal of Prestressed Concrete Institute, Vol. 32, No. 3, Hal: 74-150.

Shirato, M., Fukui, J., Masui, N., dan Kosa, K. (2002) Ultimate Shear Strength of Pile Caps. Concrete Library International, Japan Society of Civil Engineering.

Simalango, R. (2011) Analisa Dan Perencanaan Pile Cap Dengan Metode Strut And Tie Berdasarkan ACI Building Code 318-2002, Laporan Tugas Akhir. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Souza, R., Kuchma, D., Park, J., dan Bittencourt, T. (2001) Adaptable Strut-and-Tie Model for Design and Verification of Four-Pile Caps, ACI Structural Journal, No. 106-S15.

Winter, G., Nilson, A. (1991) Perencanaan Struktur Beton Bertulang. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v11i2.1524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tondi Amirsyah Putera, Husin M. Gultom, Ferry Perdana Susanto