Pemasangan karet mounting sebagai alternatif penurunan getaran pada traktor roda dua

Mohd. Arskadius Abdullah

Abstract


Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, diperlukan peningkatan produksi pertanian untuk mencukupi kebutuhan sumber tenaga yang paling praktis dipergunakan oleh traktor roda dua di lapang adalah yang berasal dari enjin bakar internal. Enjin bakar internal yang umum dikenal adalah enjin diesel dan enjin bensin. Kedua jenis enjin ini, memiliki keunggulan dan kelemahan. Kelemahan yang menonjol dari enjin diesel adalah besarnya getaran dan tingginya tingkat kebisingan yang ditimbulkannya. Sedangkan keunggulannya dari enjin diesel, apabila diterapkan pada traktor roda dua adalah memudahkan dalam perawatan. Dengan pemasangan karet peredam (mounting) jenis karet alam shore A 78 (Ma78), getaran yang ditimbulkan oleh enjin pada traktor roda dua dapat tereduksi (turun) percepatan (akselerasi) getaran sesuai dengan ketebalan karet alam yang dipasang pada traktor roda dua. Pada kenyataannya ketebalan karet

dengan ketebalan H25 mm lebih mampu meredam getaran.

Kata kunci : mounting, getaran, shore, akselerasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

ASTM Standards, section nine rubber (ASTM 2240-0571,

BSI1987a., Measurement and Evaluation of Human Exposure to Whole-Body Mechanical Vibration and Repeated Shock, BS 6841, British Standards Institution, London.

Hardjosentono, M. 1985. Mesin-Mesin Pertanian. CV. Yasaguna. Jakarta.1985.

Heryanto, H. Getaran kerja. Majalah Hiperkes dan Keselamatan Kerja. Vol.XI, no.4 (Oktober 1988-Maret 1989), pp. 38. 1988.

ISO1997, Mechanical Vibration and shock: Evaluation of Human Exposure to Whole- Body Vibration. Part 1: General reguirements, ISO 2361-1, International Organization for Standardization, Geneva.

James, M. L., G. M. Smith, J. €C. Wolford, and P. W. Whaley. Second Edition. Harper Collins College Publisher, New York, NY, USA.1994.

Spotts, M.F. Design of Machine Elements. 6th ed.Prentice-Hall, Inc., New Delhi, India, 1985.

Sularso, Kiyokatsu Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, PT. Pradnya Paramita, Jakarta. 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jp.v7i1.1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

  

    

    

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Mailing Address:

Politeknik Negeri Lhokseumawe

Jl. Banda Aceh-Medan
Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat,
Kota Lhokseumawe, 24301

Propinsi Aceh,
Indonesia