Analisa Kekerasan Permukaan Ring Gear Kw Rantai Belakang Sepeda Motor Honda Supra X125 Dengan Proses Pack Carburizing

Mazzaya Hirzi, Nurdin Nurdin, Fakhriza Fakhriza

Sari


Gear adalah salah satu komponen dari sepeda motor yang berpasangan dengan rantai yang digunakan untuk mentransmisikan gaya putar dari engine ke roda belakang. Pada sepeda bermotor, pembakaran pada mesin menghasilkan putaran yang diteruskan oleh kopling dari poros penggerak ke poros penerus. sepeda motor honda supra X 125 digunakan sebagai alat transportasi untuk menuju ke ladang/kebun serta kurangnya pelumasan pada rantai. Untuk mengantikan gear rantai belakang masyarakat di daerah Matang Glumpang Dua Bireuen maupun tempat-tempat lain sering menggunakan gear KW dikarenakan tidak mampu untuk membeli gear yang original, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan proses pack carburizing dengan memvariasikan media pendingin untuk mengetahui nilai kekerasan, dari hasil pengujian, nilai kekerasan tertinggi pada media pendingin air laut.

Keywords: Gear, engine, dan pack carburizing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Higgins, (2006). Parametric analysis of the effects of carburizing process on the mechanical properties of carburized mild steel. Equatorial Journal of Engineering 14-21.

M. I. Fahreza, F. Fakhriza, and H. Hamdani, “Analisa pengaruh waktu penahanan terhadap nilai kekerasan baja AISI 1050 dengan metode pack carburizing,” J. Mesin Sains Terap., vol. 1, no. 1, pp. 52–56, 2017.

Johannes, N. (2011). Electrodeposition of Ir–Co thin films on copper foam as high-performance electrocatalysts for efficient water splitting in alkaline medium. International Journal of Hydrogen Energy, 46(1), 609-621.

Jordi, M. (2017). Analisa Pengaruh Proses Quenching Dengan Media Berbeda Terhadap Kekuatan Tarik dan Kekerasan Baja St 36 Dengan Pengelasan SMAW. Jurnal Teknik Perkapalan, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v8i1.5078

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140