Analisis Sifat Mekanik Komposit Polyester Serat Pelepah Pisang Abaka Berdasarkan Variasi Fraksi Volume

Rizki Amanda, Samsul Bahri, Ariefin Ariefin

Sari


Komposit adalah campuran dari dua atau lebih campuran material yang terdiri dari filler dan matriks. Tujuan dibuatnya komposit adalah untuk mendapatkan material dengan karakteristik yang belum ada diantara material yang sudah ada. Sebuah material komposit adalah suatu system material yang disusun oleh campuran atau kombinasi dari dua atau lebih penyusun utama yang berbeda dalam bentuk dan atau komposisi materialnya dan karenanya secara essensial tidak saling melarut satu sama lain. Pisang abaka adalah jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga Musa (Musacea family) merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat di dunia. Tanaman ini dapat ditemukan terkait dengan industri makanan (misalnya: buah pisang) dan bahan baku industri (industrial raw materials).

 

Keywords: Komposit dan Pisang abaka, uji tarik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purkuncoro, Aladin Eko. "Analisis Pengaruh Penggunaan Naoh 5% pada Serat Pelepah Pisang dengan Fraksi Volume 40%, 50% dan 60% terhadap Kekuatan Mekanis." AL JAZARI: JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN 3.2 (2018).

Reynaldi, Ivanda Zakaria, Sehono Sehono, and Ikbal Rizki Putra. "ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN BENDING DARI KOMPOSIT SERAT PELEPAH PISANG MENGGUNAKAN METODE HAND LAY UP DENGAN VARIASI PERBANDINGAN BERAT." Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine 8.1 (2022): 152-159.

Bale, J. S., Bunganaen, W., & Almet, O. L. (2016). Analisa Kekuatan Tarik Komposit Nylon-Polyester dengan Variasi Fraksi Volume Serat. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana (LJTMU), 3(1), 43-46.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v8i1.5073

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140