Manufaktur Alat Pengurang Kadar Air (Vacuum Dryer) Dalam Crude Palm Oil (CPO)

Muhammad Azizan, Zulkifli Zulkifli, Ali Jannifar

Sari


Indonesia sebagai salah satu negara produsen dan eksportir minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Dalam proses mengurangkan kadar air dalam CPO, pabrik kelapa sawit menggunakan mesin Vacuum Dryer dengan cara dipanaskan dalam suhu tertentu. Pada penelian ini penulis membuat sebuah Alat Pengurang kadar Air dalam CPO dengan skala kecil dan relative murah. Alat ini mampu mengurangkan kadar air dengan pemanasan 65 – 70 ⁰C. Perlu diperhatikan dalam pembuatan alat ini seperti proses manufaktur seperti proses pemesinan dan proses pengelasan. Proses pengujian alat ini menggunakan CPO sebanyak 10 liter. Saat proses pengujian dilakukan sebanyak 6 kali, pengujian yang dibagi menjadi 2 waktu selama 60 dan 90 menit. Setelah hasil pengujian yang didapatkan sisa CPO saat dipanaskan dalam waktu 60 menit sebanyak rata rata 9.66 liter dan waktu 90 menit sebanyak 9.53 liter. Maka demikian alat ini mampu untuk mengurangkan kadar air dan berfungsi sangat baik.

 

Kata kunci:  CPO, Vacuum Dryer, kadar air


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. S. Eli, “Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Panen Kelapa Sawit (Kasus Pada PTPN V Kebun Sei Lindai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau).” Agribisnis, 2018.

A. Rapsanjani, E. A. Kuncoro, and R. T. Adhiguna, “Performansi Sistem Kontrol Tinggi Permukaan Crude Palm Oil Menggunakan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Pada Alat Adsorpsi.” Sriwijaya University, 2019.

A. Muarif, R. Mulyawan, and M. Fitria, “Analysis Of Crude Palm Oil (CPO) Quality Based On Vacuum Dryer Performance At Primajasa Palm Oil Mill,” J. Inov. Tek. Kim., vol. 7, no. 1, pp. 24–28, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v7i1.3925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140