RANCANG BANGUN SISTEM ELEKTRO PNEUMATIK PADA MESIN PRESS BRIKET

MIRZA SAPUTRA, ARIEFIN ARIEFIN, ZAINI AK ZAINI AK

Sari


Perkembangan didunia industri saat ini berkembang dengan begitu pesat, salah satu industri yang permintaan produksinya yang sangat besar merupakan industri arang briket. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang proses produksinya masih menngunakan cara manual sehingga tingkat produktifikas rendah, memerlukan tempat yang luas, karyawan yang banyak dan resiko terjadinya kebakaran. Dari permasalahan diatas maka sistem kontrol elektro pneumatik sangat cocok untuk meningkatkan produksi dan dapat menekan biaya pengeluaran. Pada perancangan sistem elektro pneumatik menggunakan software Festo FluidSIM Pneumatik untuk merancang sistem rangkaian dan mensimulasikan terlebih dahulu sebelum diaplikasian ke kontruksi mesin. Dan hasilnya menunjukkan aliran udaran dan elektrik yang bekerja pada tiap-tiap katup pneumatik yang digunakan untuk menggerakkan double acting cylinder yang berguna untuk pengepres briket.

Kata kunci: Briket, Sistem Elektro Pneumatik, Software Simulasi FluidSIM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jamilatun, S. (2008). Sifat-Sifat Penyalaan Dan Pembakaran Briket Biomassa, Briket Batubara Dan Arang Kayu. Jurnal Rekayasa Proses, 2(2), 37-40.

Sofnivagi, M., Razi, M., & Hasrin, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Elektro Pneumatik Untuk Mesin Pencetak Biobriket. Jurnal mesin sains terapan, 4(1), 45-49.

Isna, R. (2019). Penerapan Simulasi Festo Fluidsim untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di Kelas XI SMK N 2 Banda Aceh.

Khalid, A., & Raihan, R. (2016). Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik untuk Pemindah Barang. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 16(1), 39-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i2.3328

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140