ANALISA LAJU KOROSI PADA KOMPONEN DAUN KEMUDI (RUDDER BLADE) PERAHU BERMOTOR NELAYAN TRADISIONAL

Alifni Maulana, Azwar Azwar, Marzuki Marzuki

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui parameter laju korosi yang terjadi Pada komponen daun kemudi (rudder blade) perahu nelayan dan mencari metode pencegahan Korosi pada daun kemudi perahu nelayan. Korosi yang terjadi pada daun kemudi perahu nelayan adalah korosi seragam, korosi sumuran dan korosi biologi. Pengaruh waktu perendaman sangat berpengaruh dalam hal terjadinya laju korosi yang tinggi, itu terbukti dari penelitian laju korosi yang dilakukan selama tiga bulan. Pengaruh salinitas juga sangat berpengaruh dalam hal terjadinya laju korosi, semakin besar kadar salinitas yang dikandung dalam air laut maka laju korosi yang terjadi semakin besar. Metode pelapisan spesimen dengan menggunakan komposit FRP (fiber resin polyester) dinilai sangat bagus digunakan dalam hal menghambat laju korosi yang terjadi pada sebuah material dan dikira sangat cocok digunakan sebagai pelindung daun kemudi perahu nelayan dari terjadinya korosi.

Kata Kunci : Laju korosi, Daun kemudi, Salinitas,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, “Korosi Logam dan Pengendaliannya: Artikel Review”. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol. 9 No. 1, 2011.

Budi Utomo, “Jenis Korosi danPenanggulangannya”. Skripsi Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro. Juni 2006.

Eko Julianto Nugroho, “Sistem Kemudi Kapal”. Skripsi Teknik Perkapalan.

Nani Mulyaningsih, Hadyan, “Pemamfaatan Sakarin Sebagai Alternatif Pengendalian Korosi Baling Baling kapal”. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tidar, Journal of Mechanical Engineering, Vol. 2, No. 1, Maret 2018

Salim, “Pencegahan Korosi Kapal Dengan Metode Pengecatan”. Majalah Ilmiah Bahari Jogja. Vol. 17 No. 2. Juli 2019.

Satria Nova M.K., M. Nurul Misbah, “Analisis Pengaruh Salinitas dan Suhu Air LautTerhadap Laju Korosi Baja A36 pada Pengelasan SMAW”. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, (Sept, 2012).

Tri Karyono, Budianto, dkk, “Analisis Teknik Pencegahan Korosi Pada Lambung Kapal Dengan Variasi System Pencegahan ICCP Dibandingkan Dengan SACP”. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol. 6 No. 1, April 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v6i1.2854

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing :

ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe

Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Email: jmst@pnl.ac.id