PENGARUH TEMPERATUR OPERASI DAN JENIS PEREKAT TERHADAP KEKUATAN GESER SAMBUNGAN REKAT SABUK PENGANGKUT (BELT CONVEYOR) PADA PT. PUPUK ISKANDAR MUDA

Dedi Sa'ad, Turmizi Turmizi, Azwar Azwar

Sari


Sabuk pengangkut (belt conveyor) merupakan mesin pemindah material sepanjang arah horizontal atau dengan kemiringan tertentu secara kontinyu. Salah satu penyebab kerusakan pada sistem belt conveyor ialah sobek atau lekangnya sambungan belt. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan yang tepat apabila terjadi sebuah kerusakan yang dapat menyebabkan dampak yang sangat signifikan dan menghambat laju proses produksi perusahaan tersebut. Pada penelitian ini, variasi yang akan digunakan yaitu pada sistem konfigurasi sambungan, temperatur operasi dan jenis dari perekat yang digunakan melalui pengujian tarik sistem panas dengan temperatur pengujian sebesar 40oC. Penelitian di lakukan di Laboratorium Uji Material Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Lhokseumawe. Dari hasil penelitian diperoleh kekuatan geser tertinggi rata-rata sambungan rekat sabuk pengangkut (belt conveyor) sebesar 5,34 MPa pada panjang sambungan rekat 25 mm dengan menggunakan perekat BANDO SUNPAT ECO, dan diperoleh juga kekuatan geser terendah rata-rata sambungan rekat sabuk pengangkut (belt conveyor) sebesar 4,79 MPa pada panjang sambungan rekat 25 mm dengan dengan menggunakan perekat SC2000.
Kata kunci : Belt Conveyor, Sambungan Perekat, Uji Tarik, Kekuatan Geser Sambungan Rekat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nuruddin Hamid. (2015). Pengaruh Bias Cut Sambungan Belt Conveyor Metode Cold Splicing Terhadap Kekuatan Tarik Pengujian Thermal Mechanic. In skripsi (pp. 1–71). Jember: Digital Repository Universitas Jember.

Agung, H. (N.D.). Hendris Agung. In Materi Belt Conveyor (Pp. 1–75).

Aris Wijaya. (2016). Pengaruh Bias Cut (0,5;0,7;0,9) Pada Sambungan Belt Conveyor 2-Ply Terhadap Kekuatan Tarik Dengan Pengujian Panas. In Digital Repository Universitas Jember (Pp. 1–87). Jember: Digital Repository Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v4i1.1741

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140