ANALISA PENGARUH VARIASI KEDALAMAN PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PROSES FRAIS

Yofi Prayoga, Jufriadi Jufriadi, Mawardi Mawardi

Sari


Bentuk dan kekasaran permukaan dari sebuah produk yang dihasilkan oleh mesin perkakas seperti mesin frais memegang peranan yang penting. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kekasaran permukaan produk tersebut berkaitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lain-lainnya. Proses permesinan akan menentukan kekasaran permukaan pada level tertentu dimana kekasaran permukaan tersebut dapat dijadikan acuan untuk evaluasi produk pemesinan.Dalam analisa kekasaran permukaan, tahapan yang dilakukan adalah pemilihan jenis material benda kerja dan jenis pahat potong yang sering digunakan. Material benda kerja yang dipakai adalah ST 37 sedangkan jenis pahat potong yang digunakan adalah HSS. Untuk proses selanjutnya adalah proses pembuatan benda kerja dengan mesin frais dengan variasi jenis kedalaman pemakanan pada kecepatan potong 25 m/menit dengan kedalaman pemakanan 0.5 mm, 1 mm, 1.5 mm, 2 mm, 2.5 mm, dan 3 mm. Dari pengambilan data kekasaran permukaan pada setiap kedalaman pemakanan diperoleh nilai kekasaran permukaan pada kedalaman pemakanan 0.5 mm yang terkecil 4.43 μm. Pada kedalaman pemakanan 3 mm nilai kekasaran permukaan yang terbesar adalah 9.16 μm.
Kata kunci : Kekasaran permukaan, ST 37, HSS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. G. U. Dewi and F. Gapsari, “Optimasi Parameter Pembubutan Terhadap Kekasaran Permukaan Produk,” J. Rekayasa Mesin, vol. 4, no. 3, pp. 177–181, 2013.

Hari Yanuar, A. Syarief, and Ach Kusairi, “Pengaruh Variasi Kecepatan Potong Dan Kedalaman Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Dengan Berbagai Media Pendingin Pada Proses Frais Konvensional,” J. Ilm. Tek. Mesin Unlam, vol. 03, no. 1, pp. 27–33, 2014.

Z. Y. Andi, “Pengembangan Sistem Identifikasi Fitur Dua Dimensi Kekasaran Permukaan Berbasis Machine Vision untuk Produk Hasil Permesinan,” vol. 14, no. 1, pp. 52–57, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jmst.v4i1.1740

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mesin Sains Terapan - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | E-ISSN: 2597-9140