Rancang Bangun Sistem Smart Home dengan Arduino Uno R3 Berbasis Internet of Things (IoT)

Yusman Yusman, Bakhtiar Bakhtiar, Ulan Sari

Abstract


Smart home adalah suatu sistem rumah pintar yang menyediakan kenyamanan, keamanan dan efisiensi energi bagi rumah setiap saat. Smarthome dapat dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem smarthome yang lebih efisian dengan lebih banyak parameter yang dapat dipantau dan dikendaliakan. Semua beban listrik dan parameter kondisi di rumah dapat kita pantau dengan jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai layanan dan peralatan elektronik, dapat diakses dan dikendalikan dari jarak jauh. Tekhnologi memonitoring dan mengendalikan dengan menggunakan smartphone banyak di aplikasikan untuk rumah pintar, dengan menggunakan ESP 8266 memungkinkan penghuni rumah dapat mengendalikan dan memantau rumahnya yang terhubung dengan koneksi internet. Untuk menyalakan kipas angin, lampu, blower, dan solenoid itu menggunakan ESP 8266. Sensor yang digunakan adalah sensor DHT11 yaitu berfungsi untuk membaca suhu dan kelembapan yang ada di ruangan. Maka pada rangkaian smart home tersebut untuk dapat menghitung diperlukan beberapa parameter-parameter, rangkaian smart home menggunakan solenoid yaitu pengunci pintu otomatis memerlukan perangkat saklar maghnet dalam membuka dan menutup pintu dengan parameter perhitungan daya kuat coil maghnet dengan tegangan (volt), lampu dalam rangkaian smart home digunakan sebagai penerangan, blower dan sensor gas bekerja sebagai pendeteksi bila ada terjadinya kebocoran gas kemudian blower berfungsi untu membuang keluar bau gas yang ada di sekitar rumah, melakukan intruksi melalui bahasa pemograman C.

Kata-kata kunci: Smart Home, Mikrokontroler, Sensor, Internet of Things


References


Ashton, Kevin. Internet untuk Segala (2019). https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_untuk_Segala. diakses tanggal 20 Mei 2019.

Arafat, M. K. (2016). “SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things ( IoT ) Dengan ESP8266”. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Technologia.

Budiharto. Widodo. (2006). Membuat Robot Cerdas. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Saputra, Hendri. (2012). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Ambang Gas Karbon Monoksida (CO) Didalam Ruangan Dengan Sensor MQ2. (Online). Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Universitas Gunadarma Jakarta.

Setiawan, Evan Taruna. (2010). Pengendalian Lampu Rumah Berbasis Mikrontroler Arduino Menggunakan Smartphone Android. TI-Atma STMIK Atma Luhur Pangkalpinang: 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i1.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.