Analisis Kualitas Sinyal Jaringan WLAN Terhadap Layout Ruangan di Politeknik Negeri Lhokseumawe

Aida Wulandari, Yassir Yassir, Hanafi Hanafi

Abstract


Pemanfaatan Wi-Fi dalam sistem komunikasi data berbasis wireless, menjadi pilihan oleh banyak pengguna karena keunggulan mobilitasnya. Dalam sistem komunikasi ini, kualitas signal strength dan SNR menjadi sangat penting dalam mencapai layanan sistem komunikasi yang handal. Kehandalan tersebut dapat diketahui dengan melakukan uji kualitas signal strength dan SNR yang dapat diberikan oleh sebuah perangkat Wi-FI melalui pengukuran. Pengukuran kualitas signal strength dan SNR dilaksanakan pada tiga model ruangan berbeda. Ruang pertama adalah ruang indoor terbuka bertempat di auditorium, ruang kedua adalah ruang semi indoor bertempat di ruang perpustakaan, dan ruang ketiga adalah ruang indoor tertutup bertempat di Gedung 3 Jurusan Teknik Elektro. Sistem menggunakan Wi-Fi yang beroperasi pada frekuensi kerja 2,4 GHz. Pengumpulan data dilakukan pada beberapa titik dalam ruangan dengan memvariasikan jarak antara pemancar dan penerima. Nilai signal strenght pada ruang indoor terbuka tertinggi diperoleh -49 dBm dan terendah -62 dBm, nilai signal strength pada ruang semi indoor tertinggi -51,6 dBm dan terendah 91,2 dBm, dan nilai signal strength pada ruang indoor tertutup -70,4 dBm dan terendah -85 dBm. Nilai SNR tertinggi pada ruang indoor terbuka diperoleh 48 dB dan terendah 38,6 dB, nilai SNR tertinggi pada ruang semi indoor diperoleh 47,2 dB dan terendah 20 dB, dan nilai SNR tertinggi pada ruang indoor tertutup diperoleh 31 dB dan terendah 21,2 dB.

Kata-kata kunci: Wi-Fi, Signal Strength, Signal To Noise Ratio, pathloss, frekuensi, WLAN, hardware, sofware


References


Angela, Dina, 2009. “OPTIMASI JARINGAN WIRELESS LAN (STUDI KASUS DI KAMPUS ITHB BANDUNG)”, Jurnal Institute Teknologi Harapan Bangsa, Bandung. Diakses 28 November 2016.

Razak, Irawati,dkk. 2009. “STUDI TENTANG KARAKTERISTIK KUALITAS SINYAL TERHADAP PROFIL GEDUNG DENGAN PEMODELAN PROPAGASI RADIO PADA SISTEM WLAN INDOOR”, jurnal MEDIA ELEKTRIK, volume 4 no.1. Diakses 28 November 2016.

Sarna, Sri.”Karakteristik Propagasi Sinyal Pada Jaringan 3G-GSM Makassar”. (Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Elketro Universitas Sawerigading Makasar), Karya tidak diterbitkan.

Test Equipment Depot. (2017) Fluks Network Air Check WiFi Tester. [Internet], Tersedia dalam: http://www.testequipmentdepot.com/flukenetworks/network-testers/aircheck.htm [Diakses tanggal 20 April 2017].

Wikipedia. (2017) InSSIDer. [Internet], Tersedia dalam: http://en.wikipedia.org/wiki/InSSIDer [Diakses tanggal 24 April 2017].

Varnion. (2015) Troubleshoot Wireless Terkait Beberapa Parameter. [Internet], tersedia dalam: http://my.varnion.com/index.php?/Knowledgebase/Article/View/17/0/troubleshoot-wireless-terkait-beberapa-parameter [Diakses tanggal 29 Maret 2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i1.1464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.