Rancang Bangun Sistem Pemantau Hewan dengan Kamera Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 32

Febri Shony Setia, Salahuddin Ali, usmardi usmardi

Abstract


Populasi hewan langka saat ini semakin berkurang bahkan menurut international union for conservation of nature kepunahan hewan-hewan langka saat ini 1.000 kali lebih cepat dibanding dengan seharusnya. Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk merancang dan membuat sistem pemantau hewan berbasis mikrokontroller guna untuk mempelajari kehidupan dari hewan-hewan langka. Sistem ini terdiri dari dua bagian, yaitu joystik yang mengarahkan sistem harus kemana dan bagian kedua yaitu sistem mobile yang dilengkapi kamera juga sensor PIR yang akan mendeteksi hewan yang mendekati sistem, senso PIR di tempatkan pada depan, belakang, kiri, dan kanan sistem untuk mendeteksi ada tidaknya hewan. Apabila sensor PIR mendeteksi adanya hewan, maka sistem akan indikasi lampu LED dan buzzer yang akan hidup bersamaan untuk memberitahu pengguna. apabila sensor terdeteksi pada dua sisi maka akan hidup dua lampu LED yang membuat pengguna mengetahui posisi hewan yang berada pada titik buta kamera. Dari hasil pengujian bahwa sistem telah dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 360ᵒ kekanan dan kekiri, sistem dapat berjalan dengan bebas secara manual. Digerakkan dengan motor DC dan sensor PIR sebagai pendeteksi gerakan yang mampu mendeteksi dengan maksimal jarak 3 meter serta kamera yang akan menampilkan gambar pada PC.

Kata-kata kunci: sensor PIR, Miktokontroler, motor DC, motor servo, kamera, RC Tank


References


Malvino, Alber paul. 1992. “Prinsip-prinsip Elektronika”. Ahli bahasa : M. Barmawi, Jakarta: Erlangga.

Ali Muhamad, N Ariadie Chandra, dan Andik Asmara. “Proteus Profesional untuk simulasi rangkaian digital dan Mikrokontroler”. Modul Belajar, Vol 41, Hal 2-5, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Erwin Novri Yoga. 2016. Rancang Bangun Kompor Listrik Dengan Daya 300-600 Watt Menggunakan Solar Panel Berbasis Mikrokontroler Atmega 32, Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Adhinata Kurniawan, Muhammad Ary Murti, Junartho Halomoan. “Sistem Catudaya mobil Listrik Menggunakan Solar Cell Electric Car Power Supply System Using Solar Cell” ¹Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

digilib.unimus.ac.id/files/disk1/149/jtptunimus-gdl-efendiabdu-7401-3babii.pdf.

http://teknikelektronika.com/pengertian-piezo electric-buzzer-cara-kerjabuzzer/

https://www.sparkfun.com/datasheets/Wireless/ Zigbee/XBee-Manual.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v16i1.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
P-ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.