Game Puzzle “Numbers in English”Berbasis Android Dengan Metode Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Potongan Gambar

Abdi Suhazli, Atthariq Atthariq, anwar anwar

Sari


Metode pengacakan merupakan metode yang sangat penting diterapkan pada aplikasi tidak terkecuali pada game hal ini akan menambah tantangan dan mengurangi kejenuhan dalam bermain game. Perkembangan game saat ini memang sangat dibutuhkan agar menjadikan game bukan hanya sabagai media hiburan akan tetapi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Belajar dapat dilakukan melalui banyak cara dan media. Salah satunya adalah dengan media game. Game Numbers in English dibuat dalam bentuk tampilan 2D yang dimainkan dengan cara memcocokkan potongan gambar berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Fisher Yates Shuffle yaitu metode pengacakan yang digunakan untuk mengacak susunan potongan gambar. Perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini yaitu android studio. Tujuan dari perancangan game ini adalah untuk mempermudah anak-anak dalam belajar numbers in english. Hasil dari pembuatan game numbers in english ini telah sesuai dengan perancangan, hal itu dibuktikan dengan game dapat berjalan dengan baik dan susunan potongan gambar dapat teracak sesuai metode. Kata kunci— game, numbers in english, fisher yates shuffle.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hadi, Ahmaddul. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web Dengan Pengacakan Soal Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle, Jurnal Teknologi Informasi & Pendidika, Padang

Hakim, Lukman. 2005. Pembangunan Game dengan Visual Basic, Elex Media Komputindo, Jakarta

Ashari. 2014. Perancangan aplikasi puzzle tokoh pejuang kemerdekaan menggunakan linear congruent method, Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Medan

Handriyantini, Eva. 2009, Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia, Malang.

Yulianti I, Rani. 2012. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta : Laskar Askara

Syukron. 2011. Penggunaan Media Games Puzzle. Jakarta : Media Pratama

Ade-Ibijola, AbejideOlu. 2012. A Simulated Enhancement of Fisher- Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain- Specific Data Structures, International Journal of Computer Applications.[Online]. http://www.academia.edu.

O’Connor, Derek. 2014. A Historical Note on Shuffle Algorithms. [Online]. https://www.academia.edu.

Rosa A.S dan M. Shalahuddin, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Pavel, Micka. Fisher-Yates-Shuffle Algorithm : Founder and administrator of web encyclopedia Algoritmy.net.[Online].. http://en.algoritmy.net/article/43676/Fisher-Yates-Shuffle.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v2i1.476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##