Crowd Simulation Pada Formasi Pasukan Kapal Laut Berbasis 3 Dimensi

Atthariq Atthariq

Sari


Abstrak - Simulasi Kerumunan telah dikembangkan dalam berbagai produk komersial game, system peperangan, evakuasi kerumunan, film dan  animasi. Dalam dunia peperangan simulasi juga sangat dibutuhkan untuk mempresentasikan perilaku dari sistem nyatan pada pasukan , seperti halnya pada pasukan kapal dalam membentuk formasi , maka Crowd Simulation pada Formasi Pasukan Kapal Laut berbasis 3 Dimensi ini bertujuan mensimulasikan Pasukan Kapal Laut yang membentuk formasi menuju target yang ditentukan menggunakan metode Steering Behavior Path Following . Path Following dipilih karena perilaku menyetir kapal laut memberi gambaran mengenai pergerakan yang statis menuju target formasi yang ditentukan . Setelah melakukan pengujian diketahui formasi kapal laut  menuju target yang ditentukan dengan tepat.

Kata kunci : Crowd Simulation , 3 Dimensi , Formasi, Steering Behavior.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, Meilany.2011 (November). Simulating The Movement Of The Crowd In An Environment Using Flocking. International Conference . Online http://digilib.its.ac.id, diakses 8 Agustus 2016.

Gu, Q. 2013. Generating Freestyle Group Formations in Agent-Based Crowd Simulations. IEEE Computer Graphics and Application, 18.

Hadi, Setiawan . 2014. Modul Grafika Komputer, Universitas Padjadjaran November.

Pelechano. 2008. Virtual Crowds: Methods, Simulation, and Control. Morgan & Claypool.

Reynolds, CW . 1999. Steering Behaviors For Autonomous Character, Sony Computer Entertainment America 919 East Hillsdale Boulevard Foster City, California 94404.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v2i1.465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##