Optimasi Penyelesaian Permainan Rubik’s Cube Menggunakan Algoritma IDA* dan Brute Force
Sari
Abstrak — Permainan rubik’s cube merupakan salah satu permainan yang penuh tantangan dan digemari anak muda. Bermain rubik’s cube itu mengasyikkan. Selain permainan kerangkasan logika, permainan ini juga dituntut bekerja keras untuk menyelesaikannya. Bagi orang-orang tertentu jenis permainan ini sulit untuk diselesaikan. Kesulitan itu karena seseorang harus berpikir berulang kali agar dapat menyamakan warna-warna pada setiap sisinya. Rubik’s cube adalah permainan kubus yang berukuran 3 x 3 x 3. Pemain berupaya menyelesaikan rubik’s cube dengan memutar enam warna yang berbeda di seluruh kubus sampai setiap dari enam sisi menunjukkan warna tertentu yang sama. Untuk menyelesaikan rubik’s cube dapat digunakan berbagai macam algoritma. Rubik’s cube dapat dicari penyelesaiannya dan solusi yang dihasilkan cukup singkat. Pada kali ini akan dikemukakan optimasi penyelesaian rubik’s cube dengan menggunakan algoritma IDA* dan algoritma Brute Force.
Kata kunci — algoritma IDA*, algoritma Brute Force, Rubik’s Cube
Abstract — Rubik's cube game is one of the most challenging and popular games of the young. Playing rubik's cube is fun. In addition to logic clever games, this game is also required to work hard to solve it. For certain people this type of game is difficult to complete. The difficulty is because one has to think over and over to be able to match the colors on each side. Rubik's cube is a 3 x 3 x 3 cube game. The player attempts to finish the rubik's cube by rotating six different colors across the cube until each of the six sides shows the same particular color. To finish rubik's cube can be used various kinds of algorithm. Rubik's cube can be searched for and the resulting solution is quite short. At this time will be proposed optimization of rubik's cube solving by using IDA * algorithm and Brute Force algorithm.
Keywords— IDA * algorithm, Brute Force algorithm, Rubik's CubeTeks Lengkap:
PDFReferensi
Wahyu R, Ardhan. dkk. 2006. Kecerdasan Buatan Untuk Menyelesaikan Rubik’s Cube Dengan Algoritma IDA*. Malang : Universitas Negeri Malang.
Pardede, Abigael Angele. dkk. 2006. Penerapan Algoritma Genetika Pada Permainan Rubik’s Cube. Bandung : Institut Teknologi Bandung.
Akbar, Zulhaydar Fairozal. dkk. 2011. Penyelesaian Permainan Rubik’s Cube Dengan Metode Algoritma Genetika. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Smith, Robert. 2016. Evolving Policies To Solve The Rubik’s Cube: Experiments With Ideal And Approximate Performance Functions. Dalhouse University.
Fahrurrozi. Implementasi Algoritma Iterative Deepening A* Dan Metode Pruning Pada Solusi Permainan Puzzle Flow Free Color. Bandung : FTIK UNIKOM.
Niasri,Tommi. 2015. Implementasi Penyelesaian Permainan Rubik Cube dengan Algoritma Kociemba pada Platform Android. Medan : Universitas Sumatera Utara.
Delima, Rosa. dkk. 2016. Perbandingan Penerapan Algoritma A*, IDA*, Jump Point Search, dan PEA* pada Permainan Pacman. Yogyakarta: Universitas Kristen Duta Wacana.
Saragih, May Aprina. 2013. Implementasi Algoritma Brute Force dalam Pencocokan Teks Font Italic untuk Kata Berbahasa Inggris pada Dokumen Microsoft Office Word. Medan : STMIK Budidarma Medan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v3i1.627
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##