KOMPETENSI LITERASI DIGITAL DI KALANGAN ANAK MUDA

Rahmat Musfikar, Ammar Al-Thariq, Ridwan Ridwan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kompetensi literasi digital anak muda di kota Banda Aceh. Adapun latar belakang dari penelitian ini diangkat karena kian banyaknya pengguna internet sekarang mengakibatkan tsunami informasi yang tak terbendung oleh sebab itu kian banyak persoalan di dunia internet seperti informasi hoax, konten dewasa dan kekerasan, pelanggaran privasi dan cyberbullying. Oleh sebab itu sebagai generasi penerus bangsa anak muda sekarang harus memiliki Kompetensi literasi digital yang bagus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anak muda kota Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 sampel yang diambil dari kaum anak muda usia Sekolah Menengah Atas (SMA) Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 sub variabel literasi digital anak muda di kota Banda Aceh mendapatkan nilai yang tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa Kompetensi literasi digital anak muda di kota Banda Aceh berada pada taraf yang "Tinggi"

Kata Kunci


Literasi Digital, Anak muda, Kota Banda Aceh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Alfin, “Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Pentas J. Ilm. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 4, no. 2, pp. 60–66, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511

“Kementerian Komunikasi dan Informatika.” https://kominfo.go.id/content/detail/34574/siaran-pers-no-170hmkominfo052021-tentang-besok-kominfo-luncurkan-program-literasi-digital-nasional-makin-cakap-digital/0/siaran_pers (accessed Jan. 16, 2022).

Safrina, “Aceh Masuk 10 Besar Provinsi tertinggi Indek Literasi Digital Indonesia 2021,” Pemerintah Aceh, 2022. https://acehprov.go.id/berita/kategori/iptek-sains/aceh-masuk-10-besar-provinsi-tertinggi-indek-literasi-digital-indonesia-2021 (accessed Nov. 05, 2022).

A. P. J. I. Indonesia, “Profil Internet Indonesia 2022,” Apji.or.Od, no. June, 2022, [Online]. Available: apji.or.id

Masyarakat Telematika Indonesia, “Hasil Survey Wabah Hoax Nasional 2019,” Website Masy. Telemat. Indones., p. 35, 2019, [Online]. Available: https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/

H. dan Riyanti, “Seminar Tahunan Linguistik 2019,” Semin. Tahnunan Linguist., pp. 1–7, 2018.

I. G. N. M. A. Parbawa, “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, p. 69, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i1.13896.

K. Nasionalita and C. Nugroho, “Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung,” J. Ilmu Komun., vol. 18, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.31315/jik.v18i1.3075.

I. Jayusman and O. A. K. Shavab, “Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah,” J. Artefak, vol. 7, no. 1, p. 13, 2020, doi: 10.25157/ja.v7i1.3180.

M. K. Dr. Sandu Siyoto, SKM. and M. . M.Ali Sodik, DASAR METODOLOGI PENEITIAN. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Morissan, Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana prenada media group, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v8i2.4496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##