PENGARUH CITRA PEMBUAT/CORPORATE IMAGE, CITRA PEMAKAI/USER IMAGE, DAN CITRA PRODUK/PRODUCT IMAGETERHADAPLOYALITAS NASABAH PRODUK TABUNGAN BRITAMAPADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA KOTA LHOKSEUMAWE

Zulfikar Zulfikar, Hamdani Hamdani

Sari


This study aims to determine the effect of several variables such as corporate’s image variable, the user image variable and the product image variable on customer loyalty of BritAma products at PT BRI Branch of Lhokseumawe either partially or simultaneously. The total sample of this research are as many as 96 people and the method used for the sampling is quota Accidental Sampling. Data analysis in this research will applying both descriptive method in explaining the research data and description and using quantitative methode while analyzingdata using through a multiple linear regression model.  The result shows that regression coefficient of corporatie’s image 0,354 with the value score of 0,027, meanwhile regression coefficient of user’s image is 0,871 with the value score of  0,000 that is lower than 0,05. The third variable which is the product image variable obtains a score of 0,119 with the value score of  0,003 that is also lower than 0,05. These results show that all variables namely corporate’s image, the user image variable and the product image variable havepositive and significant impact on customer loyalty of BritAma products at PT BRI Branch of Lhokseumawe. Moreover, the highest impact variable in building customer loyalty will be the user image variable.

 

Kata Kunci : Loyalitas, Corporate Image,User Image,Product Image

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhita, Aryandini. A. 2012. Analisis Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Tabungan Masa Depan Di PT.Bank Sulsebar Cabang Utama Makassar. Skripsi Jurusan Manajemen Universitas Hassanuddin. Makassar.

Angella Muntari. 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Britama Pada PT. Bank Rakyat Indonesia, tbk Cabang Ahmad Yani Kantor Wilayah Makassar. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin.

Anggraeni,N.Priska.2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Produk Viva Kosmetik Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, (Online),Vol.2,No.4,(http://journal.wima.ac.id/index.php/JUMMA/article/vie w/415) diakses 24 November 2014.

Biro Riset Infobank (birI), 2015. Infobank-Analisis Strategi Perbankan dan Keuangan. Majalah Infobank, No. 437, Edisi: Juli 2015, Vol. XXXVII, Hal. 111-113. Jakarta

Buchari, Alma. 2003. Pemasaran Strategik. Cetakkan Kesatu.Bandung:: Alfabeta.

Dyah Ayu Anisha Pradipta. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT. Pertamina (Persero) Enduro 4T di Makassar. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin.

Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty, Edisi Revisi, Jakarta : Erlangga

http://imacaward.com/category/survey-categories/national-bank-asset-250-trillion/

Intan Indah Lestari. 2011. Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Tahapan Pada PT Bank Central Asia CabangProbolinggo. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember

Kotler, Philip. 2005.Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jilid 2. Jakarta : PTIndeks.

Lovelock, Christoper & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Indeks.

Puriyani, Dinar. 2009. Pengaruh Citra Merek Susu Ultra Terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Ultrajaya Milk Industry. Skripsi Jurusan Manajemen. Universitas Widyatama. Bandung

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Singgih, 2001. SPSS : Parametrik dan Non Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sayekti.,Hardjanta., & Savitri. 2012. Loyalitas Konsumen Ditinjau dari Persepsi Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Psikologi. Undip(Online),Vol.11,No.2,

http://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6698) diakses 20 Oktober 2016.

Sekaran, Uma, 2006. Research Methods For Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis). Edisi 4. Jakarta: Salemba empat.

Simamora, Bilson. 2004. Aura Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Altabeta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v17i1.350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 085220281520
Email: ekonis@pnl.ac.id