Sistem Pemesanan Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Dengan Metode Content-Based Filtering Sebagai Penentuan Rekomendasi
Sari
Abstrak— Berdasarkan fakta di lapangan, kebanyakan kafe dan restoran menggunakan cara manual seperti mencatat atau mengingat pesanan makanan atau minuman dari pelanggan, cara ini memang dapat digunakan namun memiliki beberapa kelemahan yang dapat terjadi seperti ketika pelayan salah mencatat atau mengingat pesanan sehingga menyebabkan pelanggan menerima makanan atau minuman yang tidak sesuai dengan pesanan yang diinginkan dan pelayan harus mengantar ulang dengan pesanan yang sesuai, dengan masalah-masalah yang sudah disebutkan tentunya menyebabkan masalah efisiensi waktu yang berkurang dan dapat menjadi masalah ketika kafe atau restoran dalam kondisi ramai yang dapat membuat antrian. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, maka dibuatkanlah sistem pemesanan makanan dan minuman berbasis web untuk pelayan dan juga pelanggan, yang nantinya pelanggan dapat memesan makanan dan minuman yang diinginkan langsung dari meja makan yang tersedia dan pelayan dapat mengkonfirmasi langsung pesanan dari pelanggan. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah metode Content-Based Filtering. Melalui sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi dari kesalahan yang biasa terjadi saat pemesanan menu dan dapat mempersingkat waktu dalam pelayanan sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan.
Kata kunci— Content-Based Filtering, Kafe, Sistem, Restoran, Web
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Nuzul Nur Hidayah and H. Supriyono, “Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website,” J. Insypro, pp. 1–8, 2019.
D. Adhairani Nasution and N. Aslami, “Pembentukan Sistem Informasi Kafe/Restoran Dengan Menggunakan Metode Supply Chain Management,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 8, pp. 1437–1444, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i8.187.
G. L. Tahapary and S. Saptadi, “Analisis Human Error Dengan Metode Systematic Error Reduction And Prediction Approach (Sherpa) Dan Human Error Assessment And Reduction Technique (Heart) Pada Operator Cv. Catur Bhakti Mandiri Studi Kasus: CV. Catur Bhakti Mandiri,” pp. 1–13, 2022.
C. E. Prastio and N. Ani, “Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android (Case Study : Warkobar Café Cikarang),” J. Petir, vol. 11, no. 2, pp. 203–220, 2018.
D. Defrina et al., “Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Online Aplication of Ordering Food and Beverages Online Based on Mobile Browser on Tiga Saudara Restaurant,” vol. 22, no. 3, pp. 158–170, 2017.
G. Devira Ramady, A. Suherman, T. Suci Ramadhanti, and Herlina, “Perancangan Aplikasi Digital Menu Kafe Coffe 86 Berbasis Desktop Menggunakan Visual Studio 2010,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 4, no. 2502, pp. I63–I69, 2019, doi: 10.22236/teknoka.v4i0.4192.
C. S. D. Prasetya, “Sistem Rekomendasi Pada E-Commerce Menggunakan K-Nearest Neighbor,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 3, p. 194, 2017, doi: 10.25126/jtiik.201743392.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.