Spawning NPC Suspek Virus Covid-19 menggunakan Algoritma Linier Congruent Method

Afzalur Rijal, Mursyidah Mursyidah, Aswandi Aswandi

Sari


Pembuatan Game tidak lepas dari salah satu komponen pendukung utamanya yaitu NPC. NPC atau Non Player Character adalah karakter atau objek dalam game yang dikendalikan oleh program komputer. Perancangan NPC merupakan faktor utama dalam penelitian ini, nantinya NPC akan di acak secara sistematis. Untuk itu penggunaan suatu algoritma yang cocok untuk memprogram NPC sangat penting agar game tersebut lebih menarik. Algoritma Linear Congruent Method pada NPC adalah salah satu metode yang dapat dipakai untuk mengontrol NPC. Algoritma ini dipakai untuk mengacak posisi kemunculan NPC pada gameSurvival Shooter Multiplayer: Covid Breakdown yang menggunakan metode pembangkit bilangan acak yang sederhana. Dengan algoritma ini posisi kemunculan NPC suspek virus covid-19 akan di acak secara sistematis oleh komputer. Berdasarkan hasil pengujian terhadap pembangkitan pengacakan NPC suspek virus covid-19 (noOfRandomNums) yang dilakukan sebanyak lima kali percobaan pada permainan Survival Shooter Multiplayer: Covid Breakdown membuktikan bahwa penggunaan Algoritma Linier Congruent Method berhasil membangkitkan nilai (NPC) secara acak, kemudian pada pengujian Alpha dan Beta test terhadap sistem yang melibatkan beberapa responden, dapat disimpulkan bahwa permainan Survival Shooter Multiplayer: Covid Breakdown berjalan dengan baik, tampilan dan alur cerita mudah dipahami dan dioperasikan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.