Rancang Bangun Sistem Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Pengujian Black Box Testing

Cut Fadhana, Anwar Anwar*, Muhammad Nasir

Sari


Perkembangan multimedia memiliki potensi besar untuk mengubah cara belajar dengan sumber informasi tidak terfokus pada pembelajaran konvensional seperti teks buku. Salah satu perkembangan multimedia yang digunakan adalah electronic learning  namun penggunaannya masih belum cukup efektif dan efisien. Karena pengunaan perangkat seluler yang dihasilkan lebih banyak penggunanya, dengan itu perlu dibangun sebuah aplikasi yang aksi  dan strategi berbasis android seperti mobile learning sebagai media pengetahuan dan pembelajaran untuk meningkatkan perkuliahan yang dirancang dengan aplikasi android studio yang dihubungkan ke firebase dengan menggunakan database realtime database dari firebase. Aplikasi ini menggunakan metode pengujian black box testing dengan menguji kebutuhan fungsional dari sistem aplikasi dengan menggunakan test case atau kasus uji untuk mengeksekusi semua alur logika yang telah dibuat pada pengujian test case, semua menu pada aplikasi berfungsi dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dan untuk menguji kegunaan atau usability menggunakan angket yang dibagikan kepada mahasiswa dengan analisis data kuantitaf dan data kualitatif dengan jumlah 19 orang mahasiswa yang persentase rata – rata keseluruhan 87,47% dengan kategori sangat baik. Yang memiliki persentase baik rata – rata 20% dan sangat baik 80%.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Hasanun. (2017). ‘tugas akhir RANCANG BANGUN E-LEARNING JURUSAN TIK’ , pp. 1–104..

. Jayanti, M. dan Wiratomo, Y. (2017) ‘Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), pp. 22- 32. doi: 10.30998/sap.v2i1.1722.

. Basyir, M., Nasir, M., Suryati, S., & Mellyssa, W. (2018). Determination of Nearest Emergency Service Office using Haversine Formula Based on Android Platform. EMITTER International Journal of Engineering Technology, 5(2), 270–278. https://doi.org/10.24003/emitter.v5i2.220.

. Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A. dan Saraswati, D. L. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android’, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), p. 57. doi: 10.21009/1.03108..

. Devara, M. R., Efendi, R., dan Azwandi. (2016) ‘Perancangan Aplikasi M - Learning Bahasa Inggris Berbasis CLIENT SERVER’, Jurnal Rekursif, 4(3),.

. Riski, O. dan Wahyuningsih, D. (2015) ‘Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Client Server Berbasis Moodle Pada Platform Android Untuk Materi Training Tenaga Pemasaran Di Miracle Agency Cabang Bangka’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 4(2), p. 63. doi: 10.32736/sisfokom.v4i2.200.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724