Rancang Bangun Sistem Inventaris Barang Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Bot Telegram (Studi Kasus PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Nagan Raya)

Fazil Fazil, Hendrawaty Hendrawaty*, Azhar Azhar

Sari


— Inventarisasi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengelola persediaan barang aset kantor atau Perusahaan yang dimiliki, tidak terkecuali pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Nagan Raya merupakan tenaga listrik menggunakan bahan bakar batubara. Perkembangan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Nagan Raya belum  banyak menggunakan sistem informasi berbasis computer untuk menunjang  kinerjanya. Pengolaan dan penyimpanan data inventaris barang hanya dilakukan dengan menggunakan (document word / excel)  untuk mencatat barang-barang yang ada. Oleh karena itu diperlukan sistem inventaris barang berbasis web dengan pemanfaatan bot telegram untuk dapat  menangani permasalahan pada pengelolaan inventaris barang. Peracangan sistem dilakukan melalui pembuatan konteks diagram, data flow diagram, dan entity relationship diagram. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework Codeigniter, MySQL dan Bot Telegram sebagai media informasi. Hasil output dari sistem ini adalah dapat memberi notifikasi secara RealTime kepada petugas yang mengelola barang masuk ke perusahaan dan barang keluar dari logistik ke masing-masing departemen dan dapat mempermudah dalam mencetak laporan per semester, melakukan generate nomor barang secara otomatis, dan sitem dapat memberikan notifikasi sisa stok barang < 3 secara Realtime kepada staf logistik setelah terjadi pengurangan barang pada sistem.


Referensi


Noviandi, Destiani, dkk. (2012). Perancangan Sistem Inventori Barang Di Bank Sampah Garut. Vol. 09 No. 32 – ISSN : 2302 - 7339

Tamodia. W. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Vol.1 No. 3 Juni 2013 – ISSN 2303-1174.

Assauri. Sofjan. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rangkuty, Freddy. (2007), Manajemen Persediaan Rajawali. Pers, Jakarta.

Febrian, R. & Setya, C, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan BOT API Media Sosial Telegram di Akademi Farmasi Surabaya. S1 Pendidikan Teknologi Informasi. Universitas Negeri Surabaya.

Sastrawangsa, G. (2017). Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 772-776.

Indah, D. (2016). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus. Universitas Muria Kudus. ISBN : 978-602 – 1180-33 -4.

Jefree, F., Rusydi, U., Faizin, R. (2017). Pemanfaatan Telegram Sebagai Notifikasi Serangan Untuk Keperluan Forensik Jaringan. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan. ISSN : 2579 – 5341.

Nawiyah. (2013). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie.

Suryana, Taryana dan Koesheryatin. (2014). Apilkasi Internet Menggunakan HTML, CSS, & JavaScript. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724