Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur Beasiswa Bidikmisi di Politeknik Negeri Lhokseumawe Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web

Yuni Safriani, Muhammad Arhami, Mulyadi Mulyadi

Sari


Abstrak—  Penggunaan beberapa konsep dan metode merupakan salah satu faktor pendukung keputusan saat sebuah sistem diimplementasikan untuk menghasilkan sebuah keputusan dari beberapa data yang akan diseleksi. Masalah penyeleksian Beasiswa Bidik Misi menyeleksi siswa-siswi terbaik, berprestasi, dan kurang mampu dari seluruh pendaftar di Indonesia. Untuk dipilih agar dapat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di seluruh Indonesia berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh  Direktur Jenderl Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dengan menggunakan metode sebuah sistem akan menghasilkan sebuah keputusan yang sesuai untuk menyeleksi data. Metode untuk menentukan hasil seleksi adalah metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Dengan metode ini hasil seleksi diharapkan lebih akurat. Sistem mampu memberikan hasil keputusan yang tepat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Selain itu sistem ini dapat memberikan kemudahan untuk penyeleksian beasiswa diseluruh Indonesia. Kemudian sistem ini berbasis web yang memudahkan pengguna untuk mengakses dimanapun menggunakan internet.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Beasiswa Bidik Misi, Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusrini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : AndiOffset.

Turban dkk. 2005. Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi.

Anwar Khoirul. 2012. Methode TOPSIS. http://www.staff.pradnya.ac.id/khoirul/wpcontent/uploads/2012/11/TOPSIS Method.pdf. Diakses pada 16 September2013.

Nana Mahdalena.2014. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Beasiswa Pada Sekolah Dasar Teluk Tiram 6 Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) Berbasis Web, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta.

Ahira Anne. 2012. Beasiswa, Arti, tujuan dan SyaratnyaBeasiswa.http://www.anneahira.com/beasiswa.htm. Diakses pada tanggal 24 September 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724