Pengontrolan Game Penalty Sepak Bola 1 VS 1 Menggunakan Kinect

Muhammad Ryzka Rafsanjani, Atthariq Atthariq, Husaini Atthariq

Sari


Abstrak— Gamer biasanya hanya memainkan game dengan menggunakan joystick, keyboard, ataupun layar touch screen, seiring berkembangnya teknologi maka Microsoft mengeluarkan produk Kinect. Tujuan daripenelitianini adalah agar pengguna dapat memainkan game penalty secara Virtual Reality, dengan cara menggerakan kaki seolah olah menendang bola ke depan maka bola yang ada di layar akan bergulir, menganalisa jarak untuk melakukan tendangan penalty, kamera kinectmenghasilkan skeleton dari pengguna, sehingga adanya sensasi baru dalam bermain game. Kinect digunakan sebagai alat kontrol utama dalam game , pengendalian game penalty sepak bola ini dibuat dengan menggunakan program Unity3D kemudian diatur agar dapat terhubung dengan Kinect, Kinect memiliki fitur depth sensor, motorized tilt, dan multi-array microphone. Hasil dari sistem pengontrolan game ini menghasilkan tingkat keberhasilan mencapai 0% pada pada jarak 1 meter antara pengguna dengan kinect, 40% pada jarak 1.5 meter, 95% pada jarak 2 meter, 90% pada jarak 2.5 meter, dan 85% keberhasilan pada jarak 3 meter.

Kata kunci: Pengontrolan game penalty, Virtual Reality, Kinect, Unity3D


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinus Nilwan., Definisi game, Vol. 1, Hal. 6, Jurnal Ilmiah Mikrotek, Universitas Trunojoyo, Madura, 2013.

Hartono, Liliana, dan Intan, R., Pendeteksian Gerak Menggunakan Sensor Kinect For Windows, Fakultas Teknologi Informatika, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2015.

Hersista, Syifa Mutiara, Purba Daru Kusuma, Suryo Adhi Wibowo. Perancangan dan Simulasi Permainan Penalty Sepak Bola Menggunakan Sistem Augmented Reality Pada Kinect. Bandung : Jurnal Universitas Telkom. 2013.

Irfan. “Penerapan Virtual Reality pada Simulasi Tendangan Penalty”. Lhokseumawe : Jurnal Politeknik Negeri Lhokseumawe. 2016.

Milan Sonka, Setiawan, B., dan Nisfu, A.S., Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality, Vol. 1, ISSN 2301-9425, Hal. 161, Jurnal Institut Teknologi, ITS, Surabaya, 2012.

Rafael C. Gonzalez. Pengolahan Citra (Image Processing), Fakultas Teknologi Informatika, Universitas Gunadarma, Jakarta, 2012.

Suryajaya, I Dewa Bagas. “Teknik Motion Capture Dalam Proses Pembuatan Animasi 3D Menggunakan Microsoft Kinect”. Yogyakarta : Jurnal Magister Teknik Informatika, STMIK Amikom. 2015.

The Ayatana Project., Definisi Unity3D, , Jurnal Canonical Group Ltd, Universitas Indonesia, Jakarta, 2009.

Wanangsyah W., Wurijanto T. dan Sutanto T., Aplikasi Virtual Punch Training Menggunakan Microsoft XBOX Kinect, Vol. 3, ISSN 2338-137X, Jurnal Teknologi Informasi, Hal. 95-98, STMIK STIKOM Surabaya, Surabaya, 2014.

Yuwono, Yosafat. Prototype Penggunaan Kinect Untuk Aplikasi Pembelajaran Nada. Surabaya : Jurnal Dimensi Teknik Elektro. Vol.1,No1:49-54. 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724