Deteksi Gangguan Lambung Melalui Citra Iris Mata Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron

Khairuna Phonna, Zulfan Khairil Simbolon, Mahdi Mahdi

Sari


Abstrak— Iris mata manusia memiliki pola yang berbeda pada setiap manusia, sehingga sangat mungkin untuk menggunakannya sebagai dasar pengenalan biometric yang dikenal dengan ilmu iridiologi. Iridiologi adalah kajian ilmu yang mempelajari iris mata melalui bentuk, struktur, perubahan warna, rupa dan simbol yang terdapat pada bagian mata. Iris mata tersusun dari selaput halus yang berlapis dimana selaput tersebut terhubung dengan sistem saraf dari semua organ tubuh, salah satunya adalah organ lambung. Dengan memanfaatkan ilmu iridiologi penulis ingin membuat suatu perangkat lunak deteksi gangguan lambung melalui citra iris mata menggunakan metode jaringan syaraf tiruan perceptron. Dari citra iris mata akan didapatkan nilai vektor dari proses preprocessing, dimana nilai tersebut akan digunakan untuk proses pembelajaran pada jaringan syaraf perceptron sehingga didapati nilai hasil pembelajaran yang akan disimpan pada database. Data training tersebut akan dibandingkan dengan data pada saat proses pendeteksian dilakukan. Dari 30 citra iris mata yang di uji, sistem mampu mengenali hampir semua citra tersebut dengan baik. Sehingga tingkat akurasi sistem ini adalah 90%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini mampu mendeteksi gangguan lambung melalui citra iris mata. Dalam pembuatan sistem ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual basic.Net.

 

Kata kunci— iris mata, iridiologi, lambung, perceptron,, visual basic.Net


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pati, R. 2009. Komputerisasi Iridologi Untuk Mendeteksi Kondisi GInjal Menggunakan Support Vector Machine. Bandung: Telkom University.

Putra, D. 2009. Pengolahan Citra Digital. Ed. 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Simamora, R.Y. 2016. Deteksi Gangguan Lambung Melalui Citra Iris Mata Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Hebb Rule. Volume 1. ISSN:2527-9858.

Fahmi.2007. Perancangan Algoritma Pengolahan Citra Mata Menjadi Citra Polar Iris Sebagai Bentuk Antara Sistem Biometrik. Medan: Fakultas Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara.

Hidayatullah, T. 2012. Terapan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron Untuk Pengenalan Karakter Pada Gambar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Musthofa Muhammad Ulinnuha, Umma Zufida Kharirotul dan Handayani Anik Nur. 2017. Analisis Jaringan Saraf Tiruan Model Perceptron Pada Pengenalan Pola Pulau di Indonesia. Volume 11. ISSN: 0852-730X. Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724