Aplikasi Presentase Tingkat Perdagangan Dan Pengecekan Lokasi RPK Perum Bulog Berbasis Web Studi Kasus Wilayah Kutacane

Ar Arysy Saidary, Huzaeni Huzaeni, Husaini Husaini

Sari


BULOG adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan, sebagai perusahaan yang tetap mengemban tugas publik dari pemerintah, BULOG tetap melakukan kegiatan menjaga Harga Dasar Pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk orang miskin (Raskin) dan pengelolaan stok pangan.BULOG telah menciptakan sebuah program usaha bagi masyarakat yaitu Rumah Pangan Kita (RPK). Rumah Pangan Kita (RPK) adalah Outlet penjualan pangan pokok milik masyarakat yang dibina oleh Perum BULOG, program RPK ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Namun, kebanyakan masyarakat di Provinsi Aceh khususnya di wilayah Kutacane masih belum mengetahui adanya RPK tersebut. Hal ini dikarenakan proses promosi masih kurang yang dilakukan oleh Perum BULOG, bagi masyarakat wilayah Kutacane yang telah mengetahui program RPK masih susah dalam mengetahui stok barang yang ada pada RPK tersebut sebelum masyarakat langsung kelokasi RPK. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sistem informasi berbasis web untuk mengecek lokasi dan stok barang yang ada di sejumlah RPK di wilayah Kutacane. Penulis juga merancang sistem Informasi berbasis web ini untuk membantu Perum Bulog Sub Divre Kutacane dalam melihat aktivitas penjualan di sejumlah RPK yang ada di wilayah Kutacane. Perancangan sistem dilakukan melalui pembuatan konteks diagram, data flow diagram, dan entity relationship diagram. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL. Hasil output dari sistem ini adalah lokasi, stok barang, dan informasi RPK di wilayah Kutacane serta chart yang menampilkan penjualan pada seluruh RPK di wilayah Kutacane. Aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengetahui lokasi dan stok barang yang ada di sejumlah RPK yang ada di wilayah Kutacane dan membantu Perum Bulog dalam Mendata penjualan dan Informasi penjualan RPK di wilayah Kutacane.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Humas Bulog. (5 Agustus 2019). “Bulog Gandeng Inkopol Perluas Distribusi Pangan Ke Keluarga Besar Polri”. http://www.bulog.co.id/pers/37/7207/13/8/2019/Bulog-GandengInkopol-Perluas-Distribusi-Pangan-Ke-Keluarga-Besar-Polri.html. diakses pada 1 Agustus 2019.

Hairah, U., E. Budiman. (April 2017). “Pemanfaatan Google Maps Api Dalam PengembanganMedia Informasi Pasar Malam Di Kota Samarinda”. ILKOM Jurnal Ilmiah. Vol. 9, No. 1, Hal. 9-16. http://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/download/104/ 61. Diakses pada 25 Oktober 2018.

Irmayani. 2019. Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan SimbolSimbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan [Online]. https://www.nesabamedia.com/pengertian-flowchart/. Diakses pada 18 April 2019.

Laksono Rano Bernadus. 2008. Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Minimarket Berbasis Linux. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Lisabara Metalion. 2015. Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Sepatu Di Rockstone Berbasis Web. Bandung: Jurusan Sistem Informasi, F.T. Universitas Komputer Indonesia.

Munandar Aris. 2015. Aplikasi Pemberitahuan Ketidakhadiran Siswa Pada Smp Negeri 43 Palembang. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya.Anggraeni, & Yunaeti, E. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Prasetyo Andri. 2016. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Pt. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar. Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA).

Riandy. 2011. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang (Studi Kasus: U.D Cendana Depok Townsquare). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Saputra Mariadi Nyoman Agustinus. 2017. Application Travel And Hotel Information in The District Tabanan With Google Maps Api. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sari Mela Agustina, Purnama Eka Bambang, Sukadi. 2014. Sistem Informasi Penjualan Pupuk Pada Toko Sri Rejeki.

Sholahuddin Dede Asep. 2014. Aplikasi Pengolahan Data Pelatihan Usaha Pemula Pada Uptd Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Selatan. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724